Sukses

Berihram, Rombongan Pertama Jemaah Haji Gelombang Kedua Tiba di Jeddah

Pakaian ihram sudah dikenakan seluruh jemaah haji yang tiba di bandara pada pukul 03.30 WAS.

Liputan6.com, Jeddah- Sebanyak 455 jemaah haji Kloter 18 (IPG-18) asal Embarkasi Makassar  menjadi rombongan pertama yang tiba di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, pada Sabtu (20/7/2019) pagi Waktu Arab Saudi.

Pakaian ihram sudah dikenakan seluruh jemaah haji yang tiba di bandara pada pukul 03.30 WAS. Kedatangan jemaah disambut langsung Wakil Duta Besar (Wadubes) Dicky Yunus, Konsulat Jenderal Jeddah Mohamad Hery Sarip Udin serta Kepala Daerah Kerja Bandara Jeddah - Madinah Arsyad Hidayat.

Wakil Dubes mengucapkan selamat kepada seluruh jemaah haji, atas kesempatan menunaikan rukun islam kelima yakni beribadah di Tanah Suci, pada tahun ini.

Kesempatan beribadah harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Dengan menjaga kesehatan, mengingat kondisi cuaca di Arab Saudi yang berbeda dengan Indonesia. Saat ini, suhu panas  mencapai kisaran 40 sampai 50 derajat.

Sementara dengan kondisi ini, jemaah harus melaksanakan rangkaian ibadah haji. "Rangkaian ibadah haji baru dimulai, jadi masih ada 39 hari ke depan. Saya pesan tidak lupa untuk minum, makan sesuai dengan yang dijadwalkan, " jelasnya.

Selain menjaga kesehatan, Wadubes berpesan untuk menjaga hati. Bila suatu saat terjadi kondisi atau hal yang tak diinginkan, jemaah diminta lapang dada.

"Ibadah haji diikuti jutaan jemaah melakukan ritual yang sama. Mulai dari tawaf, sai, wukuf di Arafah. Pada saat ini, mungkin akan bersinggungan dengan jemaah lain. Kalau kesenggol keinjek direlakan diikhlaskan, " pinta dia.

Pesan lainnya, jemaah diminta bisa menjaga nama baik negara. Sejak dulu, jemaah asal Indonesia dikenal tertib, cinta damai, tak emosional.

Dia berharap sikap dan sifat baik jemaah haji Indonesia bisa menular ke jemaah lainnya dari seluruh dunia. "Insya Allah jika dilakukan makan di hari 40 jadi haji mabrur, " dia menandaskan.

Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Bandara  Jeddah- Madinah Arsyad Hidayat menuturkan jika kedatangan jemaah haji berjalan lancarlancar dan sesuai harapan.  " Jemaah haji sudah memakai kain ihram dan berniat saat tiba di Yalam lam," dia menandaskan. 

 

Tonton video ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.