Sukses

Saat Ribuan Jemaah Haji Salat Gerhana Bulan di Masjidil Haram dan Nabawi

Ribuan jemaah haji seluruh dunia, tak hanya dari Indonesia serentak melaksanakan salat sunah khusuf, sebanyak dua rakaat.

Liputan6.com, Madinah - Momen langka terjadi saat jemaah haji Indonesia melaksanakan ibadah di Tanah Suci. Mereka bisa menyaksikan langsung gerhana bulan menghiasi langit di Masjid Nabawi, Madinah maupun Masjidil Haram di Makkah.

Ribuan jemaah haji seluruh dunia, tak hanya dari Indonesia serentak melaksanakan salat sunah khusuf, sebanyak dua rakaat.

Mengutip Twitter-nya Kementerian Agama (Kemenag) RI lewat, salat gerhana dimulai pada hari Selasa (16/7) pukul 23.20 hingga Rabu (17/7) pukul 00.15 waktu Saudi. 

Postingan video Kemenag juga memperlihatkan jika bulan dalam fase gerhana terlihat jelas di atas langit Makkah. Jemaah Indonesia tampak berbaris bersiap masuk ke Masjidil haram secara berkelompok

Jika dilihat dari kawasan pintu Marwah menuju Terminal Syeib Aamiir, gerhana bulan dapat dilihat di sisi atas Zam Zam Tower.

Saat gerhana bulan terjadi setengah, momen itu pula, jemaah menggelar salat secara berjamaah. Salat dipimpin Syekh Abdullah bin 'Awwad Aljuhany. 

Setelah salat, khatib berkhotbah. Isinya antara lain mengajak jemaah untuk meningkatkan ketaqwaan terhadap kekuasaan Allah.

Hal serupa tampak di Masjid Nabawi. Ribuan jemaah dari berbagai kloter berbaris untuk melaksanakan salat khusyuf.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masjid Jakarta Islamic Center Gelar Salat Gerhana Bulan Jelang Subuh

Masjid Jakarta Islamic Center (JIC) menggelar salat gerhana bulan menjelang subuh, Rabu (17/7) bersamaan akan terjadi gerhana bulan sebgaian dalam durasi 2 jam 58 menit.

BMKG menyebutkan gerhana bulan sebagian akan dimulai pada pukul 03.01 WIB, puncaknya pukul 04.30 WIB, dan berakhir pada 06.00 WIB.

”Umat Islam dianjurkan, disunahkan untuk melaksanakan salat sunah gerhana bulan (khusuf) dan mendengarkan khutbah gerhana, walau gerhananya hanya terjadi sebagian saja,” kata Kepala Divisi Pengkajian dan Pendidikan Jakarta Islamic Centre (JIC), Rakhmad Zailani Kiki melalui siaran pers di Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Di JIC, seperti dikutip dari Antara, salat gerhana bulan dilakukan sebelum salat subuh dengan imam Ustaz Madinah S.Ag dan khatib KH Ma`arif Fuadi, MA.

Selain di masjid JIC, Masjid Agung Sunda Kelapa Menteng, Jakarta Pusat, juga akan menggelar kegiatan yang sama. Salat gerhana rencananya digelar pada pukul 03.00 WIB. Salat akan dipimpin oleh H Deden M Ramadhan, sedangkan khotib akan disampaikan oleh H Syahabuddin, MA.

Secara umum, pelaksanaan shalat gerhana bulan diawali dengan salat sunah dua rakaat dan setelah itu disusul dengan dua khutbah seperti salat Idul Fitri atau salat Idul Adha di masjid jami.

Hanya saja bedanya, setiap rakaat salat gerhana bulan dilakukan dua kali rukuk. Sedangkan dua khutbah setelah salat gerhana bulan tidak dianjurkan takbir sebagaimana khutbah dua shalat Id.

Kepala Sekretariat JIC, Ahmad Juhandi mengatakan umat Isslam di sekitar Jakarta dipersilahkan untuk melaksanakan salat gerhana bulan di Masjid Raya Jakarta Islamic Centre.

"Imamnya seorang hafizd dan khotibnya da'i tetap di Masjid JIC. Selain itu tempat perkir yang luas, aman, dan nyaman," kata dia.

Untuk Asia Tenggara, termasuk Indonesia, durasi penampakan gerhana bulan sebagian ini berbeda dan tampak tidak sempurna. Hal ini lantaran, saat peristiwa bulan sudah akan tenggelam dan matahari mulai terbit.

Gerhana bulan sebagian merupakan peristiwa terhalanginya penampakan bulan oleh bayangan Bumi sehingga cahaya Matahari tidak sampai ke Bulan.

Peristiwa ini bisa terjadi hanya jika Bumi berada di antara Matahari dan Bulan pada satu garis lurus. Bagi umat Islam, gerhana bulan, baik seluruhnya maupun sebagian, bukan saja merupakan peristiwa astronomis, tetapi juga peristiwa ibadah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.