Sukses

Petugas Kesehatan Haji Indonesia di Tanah Suci Gunakan Bahasa Daerah

Petugas kesehatan haji menggunakan bahasa daerah untuk berkomunikasi dengan jemaah haji.

Liputan6.com, Jakarta Tim Promotif Preventif (TPP) yang tergabung dalam petugas kesehatan haji Indonesia menggunakan bahasa daerah saat menyampaikan informasi kesehatan dalam kegiatan penyuluhan untuk jemaah haji di Tanah Suci.

Berdasarkan keterangan tertulis Kementerian Kesehatan, bahasa daerah digunakan untuk penyampaian informasi kesehatan dalam penyuluhan kesehatan untuk jemaah dari Embarkasi Surabaya (SUB), Solo (SOC), dan Makasar (UPG).

"Ini merupakan metode dakwah kesehatan dengan pendekatan kultural," kata Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan Eka Jusup Singka, seperti dilansir Antara, Rabu (17/7/2019).

Eka juga mengatakan bahwa penyampaian materi kesehatan kepada jemaah haji terkadang terkendala masalah bahasa. Untuk mengatasi kendala itu, para penyuluh menggunakan bahasa daerah asal jamaah dalam kegiatan penyuluhan di bandara, sektor, dan lokasi lainnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Di Medsos

Selain itu, penyampaian bahasa menggunakan bahasa daerah juga dilakukan dalam komunikasi lewat media sosial dan aplikasi penyampaian pesan.

Dalam menyampaikan informasi, TPP juga membuat beberapa video berisi pesan-pesan kesehatan dalam beberapa versi bahasa, termasuk bahasa Sunda, Jawa, Minang, Maluku, dan Bugis. Video-video edukasi tersebut telah diunggah dan disebarluaskan kepada petugas maupun jamaah haji melalui media sosial dan aplikasi perpesanan.

Dengan bahasa dan kalimat sehari-hari sehingga memudahkan jemaah haji mengerti dan menerapkan apa yang dipesankan oleh Kementerian Kesehatan.

 

Reporter: Nabila Bilqis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.