Sukses

Wonosobo Catat Sejarah Berangkatkan Jemaah Calon Haji Terbanyak 2019 Ini

Pada 2018, Kemenag Wonosobo hanya dapat memberangkatkan 800 jemaah calon haji ke Tanah Suci.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 1.079 jemaah calon haji asal Wonosobo diberangkatkan menuju embarkasi Surakarta, Jawa Tengah oleh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Wonosobo.

Dilansir dari Antara, Rabu (17/7/2019), Kepala Penyelenggaraan Haji dan Umrah Wonosobo Mahbub mengatakan, pada penyelenggaraan ibadah haji 2019 ini, Wonosobo mencatat sejarah karena terbanyak memberangkatkan jemaah calon haji dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Jumlah tahun ini meningkat sebanyak 279 orang. Jumlah itu dinilai luar biasa bagi masyarakat dan menjadi sejarah bagi Kantor Kemenag karena bisa memberangkatkan calon haji terbanyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya," ujar Mahbub.

Dia memaparkan, pada 2018, Kemenag Wonosobo hanya dapat memberangkatkan 800 jemaah calon haji ke Tanah Suci.

Dari jumlah 1.078 calon haji tersebut, kata Mahbub, terbagi atas kloter 34 sebanyak 272 orang, kloter 35 sebanyak 354, kloter 36 sebanyak 355, dan kloter 37 sebanyak 92. Selain itu juga terdapat kloter sapu jagat atau pemberangkatan yang terakhir sebanyak dua orang.

Mahbub juga mengatakan, dengan meningkatnya jumlah calon haji asal Wonosobo, selain dinilai tingkat kesejahteraan dan kesadaran masyarakat mulai bertambah, mereka juga merubah pola pikir bahwa orang menjalankan ibadah haji tidak hanya di usianya yang sudah lanjut.

"Masyarakat dari pengalaman para orangtuanya, mereka mau mengubah cara berfikir untuk berhaji tidak harus di usia tua. Namun, usia muda berhaji justru tenaga lebih fit dan segi kesehatan lebih baik," kata Mahbub.

Bahkan, jemaah calon haji termuda yaitu Ariel Hafidz, mendapatkan anugerah dapat mendampingi ibunya untuk berangkat melaksanakan ibadah haji tahun ini.

Gadis asal Wonosobo itu masih kuliah di Fakultas MIPA UGM Yogyakarta Program Studi Ilmu Kimia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jemaah Calon Haji Sudah Mulai Berangkat

PPIH Embarkasi Surakarta pada Rabu ini, telah memberangkatkan jemaah calon haji tiga kloter yakni 31 gabungan asal Kebumen, Magelang, Purworejo sebanyak 360 orang. Calon haji kloter 31 ini, diberangkatkan melalui Bandara Adi Soemarmo Boyolali, pukul 00.07 WIB.

Kemudian, kloter 32 asal Kabupaten Purworejo sebanyak 359 orang menyusul pada pukul 00.45 WIB dan kloter 33 asal Purworejo juga pada pukul 05.40.

Menurut Kepala Sub Bagian Penerangan Humas dan Protokol embarkasi Surakarta Agus Widakdo, pihaknya sekitar pukul 18.15 WIB juga akan memberangkatkan calon haji kloter 34 gabungan asal Purworejo dan Wonosobo sebanyak 360 orang.

"PPIH dengan menerbangkan kloter 33 ke Tanah Suci, jumlah calon haji yang sudah diberangkatkan ke Saudi Arabia sebanyak 11.830 orang," kata Agus.

 

Reporter : Nabila Bilqis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.