Sukses

Gerakan Minum Bersama Iringi Keberangkatan Jemaah Haji ke Makkah

Keberangkatan jemaah haji dilepas langsung Kepala Pusat Kesehatan Haji Eka Jusuf Singka.

Liputan6.com, Madinah - Sebanyak 409 jemaah haji dan petugas asal Embarkasi Jakarta kloter JKS -01 bertolak ke Makkah dari Madinah untuk melaksanakan rangkaian ibadah haji, pada Senin (15/7/2019). Keberangkatan jemaah haji dilepas langsung Kepala Pusat Kesehatan Haji Eka Jusuf Singka.

Pada pelepasan keberangkatan jemaah haji ini, Eka Jusuf kembali mencanangkan Gerakan Minum Air Bersama. Jemaah diingatkan tetap memperhatikan asupan cairan untuk menjaga kesehatan tubuh, sehingga ibadah haji bisa berjalan lancar.

"Saya meminta bapak dan ibu sering minum air. Sebab air yang berkurang akan menyebabkan gangguan metabolik, keseimbangan karena asupan mineral kurang sehingga seluruh penyakit muncul," ujar dia di Hotel Faeyrouz Al Khoir di Madinah.

Gerakan Minum Air Bersama dimulai dengan pemberian botol air kepada dua orang jemaah di dalam hotel. Turut mendampingi Kepala Sektor 2 Rusdi Umar dan Kepala Bidang Pembinaan Petugas Mahmudi Affan Rangkuti.

Dia mengaku senang sebab dari pantauannya di Masjid Nabawi, jemaah haji Indonesia sudah mulai memperhatikan anjuran untuk memakai perlengkapan perlindungan diri. Mulai dari masker, kaca mata maupun penutup kepala.

Namun, saat memantau ke Klinik Kesehatan Haji Indonesia, masalah dehidrasi masih mendominasi penyakit yang melanda jemaah haji.

Dia pun kembali mengingatkan jemaah untuk selalu membawa air dan secara teratur meminumnya. Serta tidak perlu khawatir bila banyaknya cairan yang masuk bisa membuat sering buang air kecil. "Jadi jangan takut ke toilet yang penting masukan airnya," tegas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gerakan Masif

Dia menuturkan, Gerakan Minum air Bersama sudah berlangsung sejak tahun lalu. Tapi kala itu baru sebatas himbauan, kini gerakan akan lebih digalakkan secara masif demi kebaikan jemaah haji.

Serta jika bisa menjadi satu budaya di antara jemaah. Edukasi dan membangkitkan kesadaran akan terus diberikan para jemaah haji Indonesia. "Harapan kami jadi satu budaya agar bisa tahu lebih baik cegah daripada mengobati jemaah haji benar benar bisa," dia menandaskan.

Di akhir pelepasan, Eka Jusuf langsung memimpin jemaah haji minum air bersama di dalam bus yang akan membawanya ke Makkah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.