Sukses

173 Hotel Disiapkan untuk Jemaah Haji di Makkah

Layanan hotel di Makkah diharapkan bisa memenuhi standar kenyamanan jemaah.

Liputan6.com, Madinah - Sebanyak 173 hotel dipersiapkan untuk menjadi lokasi tempat tinggal jemaah haji Indonesia yang akan menjalankan puncak rangkaian ibadah haji di Kota Makkah. 173 hotel tersebut tersebar di 11 sektor.

“Hotel Al Oksh ini akan menjadi hotel pertama yang menyambut dan melayani jemaah calon haji Indonesia yang tiba dari Madinah sekitar pukul 20.00 waktu Arab Saudi,” jelas Kasie Akomodasi PPIH Daerah Kerja Mekkah 2019 Abdub Dhiya’ur R, Minggu (14/7/2019).

Hotel Al Oksh menjadi salah satu hotel sewaan Pemerintah Indonesia untuk jemaah calon haji Indonesia. Layanan pada hotel ini diharapkan bisa memenuhi standar kenyamanan jemaah.

Syarat aspek layanan akamodasi, setiap hotel antara lain harus memiliki kartu petuniuk akomodasi, pemberian air mineral satu liter per hari per jemaah, penggantian sprei dan sarung bantal, handuk, peralatan mandi, air zam-zam dalam dispenser, dan mesin cuci.

“Dari aspek layanan mereka harus bisa menyediakan petugas resepsionis, petugas kebersihan, dan petugas keamanan,” jelas dia.

Air zam-zam yang diberikan pun diharapkan dalam bentuk dispenser. Serta berada pada lobi kamar jemaah di tiap lantai. Kamar jemaah dan petugas pun terpisah berdasarkan jenis kelamin, dilengkapi dan penerangan memadai yang harus berfungsi baik.

Fasilitas lain adalah ranjang kuat dan aman dengan kasur busa dan bantal dengan empat sprei yang diberikan secara bertahap selama jemah menginap. Kemudian penyediaan 1 selimut yang memadai dan berfungsi baik. Fasilitas lain berupa kamar mandi, shower, wastafel, kran air, jamban duduk, dan exhaust fan.

Sementara dari standar sarana dan prasarana disyaratkan bangunan dalam kondisi baik dan layak pakai, lift yang memadai sesuai kapasitas gedung, lobi dengan luas minimal 50 m2.

Bagi apartemen harus memiliki ruang dapur, tersedia listrik dan lampu penerangan yang cukup di lobi, kamar tidur, kamar mandi, dapur, dan lain-lain.

Selain itu juga ada genset untuk listrik cadangan, memiliki tangga darurat, kartu petunjuk hotel, penitipan kunci, tempat salat berjamaah, tempat jemuran, alat kebersihan, kunci cadangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.