Sukses

Ini Isi Dalam Kakbah, Berlapis Kain Sutra hingga Emas

Kakbah biasanya hanya diketahui dari sisi luarnya saja, sedangkan sisi dalam Kakbah tak kalah menakjubkan dari sisi luarnya.

Liputan6.com, Jakarta - Kakbah adalah pusat kiblat umat Islam di seluruh dunia untuk beribadah. Bangunan yang menjadi bukti adanya Baitullah itu dinamakan Kakbah karena bentuknya yang kubus.

Kakbah berada di tengah tengah Masjidil Haram, Arab Saudi. Tingginya sekitar 15 meter, panjang sisi sebelah utara 9,92 meter, sisi sebelah barat sekitar 12,15 meter, sisi sebelah selatan 25,10 meter, dan sisi sebelah timur 11,88 meter.

Pintu di sisi sebelah timur dengan tinggi sekitar 2 meter dari tanah, terbuat dari emas murni dan bertuliskan ayat-ayat Alquran.

Dilansir dari buku Perjalanan Ruhani Sepanjang Masa karya Ablah Muhammad al-Kahlawi, bagian tengah dalam Kakbah terdapat tiga pilar dari kayu gaharu terbaik.

Panjang satu pilar sekitar seperempat meter atau setengah meter berwarna campuran antara merah dan kuning. Ketiga pilar ini berjejer lurus dari utara ke selatan.

Pada sekitar tahun 2000-an, bagian bawah ketiga pilar retak yang kemudian diperbaiki dengan diberi kayu melingkar di sekelilingnya.

Ketiga pilar ini dibuat atas inisiatif Abdullah Ibnu al Zubayr tiga abad lalu. Meski demikian, ketiganya masih tetap kokoh hingga saat ini.

Atap dalam Kakbah penuh dengan ukiran mengagumkan, serta diberi lampu-lampu indah yang terbuat dari emas murni dan dari perhiasan indah lainnya. Lantai Kakbah dibuat dari batu pualam putih.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bagian Lain Kakbah

Dinding Kakbah bagian dalam dibalut dengan batu pualam warna-warni dan dihiasi dengan ukiran bergaya Arab.

Terdapat tujuh papan yang menempel di dinding ini yang bertuliskan nama nama orang yang pernah merenovasi atau menambahkan sesuatu yang baru di dalam Kakbah atau Masjidil Haram.

Di dalam Kakbah juga digantungkan beberapa lembar kain sutra berwarna kemerah-merahan bertuliskan lafaz kalimat syahadat.

Di sisi sebelah kanan dalam Kakbah atau di sebelah pojok rukum timur laut, terdapat sebuah pintu bernama Bab al Tawbah (pintu taubat) yang dibungkus dengan kain sutra. Panjang bagian dalam Kakbah dari tengah dinding sebelah timur ke tengah dinding sebelah barat adalah 10,5 meter.

 

Reporter : Nabila Bilqis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.