Ini Bacaan Doa Saat Tiba di Tanah Suci

Oleh Muhammad Ali pada 06 Jul 2019, 08:36 WIB
Diperbarui 08 Jul 2019, 08:13 WIB
Jemaah Haji Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Jemaah calon haji kloter Surabaya dan Batam telah terbang ke Tanah Suci pada Jumat malam. Mereka diperkirakan tiba di Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMMA), Madinah pukul 10.00 waktu setempat.

Suasana ini menjadi momen yang ditunggu oleh jemaah haji. Sebab tanah haram menjadi tempat yang mulia, yang mana akan dilipatgandakan pahala amal ibadahnya bila beribadah di masjid Nabawi maupun Masjidil Haram.

Dikutip dari nu.or.id, Sabtu (6/7/2019), sebagian ulama menganjurkan agar orang yang berihram haji/umrah sampai di tanah haram, hendaknya membaca doa berikut ini:

اللَّهُمَّ زِدْ هَذَا الْبَيْتَ تَشْرِيْفًا وَتَعْظِيْمًا وَعِزَّةً وَمَهَابَةً وَزِدْ مِنْ شَرَفِهِ وَعَظِّمْهُ مِمَّنْ حَجَّهُ أَوْ اِعْتَمَرَهُ، تَشْرِيْفًا وَتَعْظِيْمًا وَتَكْرِيْمَا وَبِرًّا، اَللهم هَذَا حَرَمُكَ فَحَرِّمْ لَحْمِيْ وَدَمِيْ عَلَى النَّارِ، اللهم قِنِيْ عَذَابَكَ يَوْمَ تَبْعَثُ عِبَادَكَ، اللهم آمِنِّيْ مِنْ غَضَبِكَ وَعِقَابِكَ

Allâhumma zid hâdzal baita tasyrîfan wa ta’dhîman wa ‘izzatan wa mahabatan, wa zid min syarafihi, wa ‘adh-dhimhu mimman hajjahu au i’tamarahu, tasyrîfan wa ta’dhîman wa takrîman wa birran. Allâhumma hâdza haramuka fa harrim lahmî wa damî ‘alan-nâr. Allâhumma qinî ‘adzâbaka yauma tab’atsu ‘ibâdaka. Allâhumma âminnî min ghadlabika wa ‘iqâbika.

Artinya: “Ya Allah, tambahkanlah Baitullah ini kemuliaan, keagungan dan kewibawaan, tambahkanlah kemuliannya, agungkanlah ia dari orang yang haji atau umrah menujunya, muliakan, agungkan dan baguskan. Ya Allah, ini adalah tanah haram-Mu, maka haramkanlah daging dan darahku atas neraka. Ya Allah, jagalah aku dari siksa-Mu, di hari Engkau membangkitkan hamba-hamba-Mu. Ya Allah, amankanlah aku dari kemurkaan dan siksaMu.”

Doa saat jamaah haji/umrah sampai di tanah haram ini dikutip dari kitab al-Wasail al-Syafi’ah karya al-‘Alim al-‘Allamah al-Muhaddits Muhammad bin ‘Ali Khirid al-Alawi al-Husaini al-Tarimi (Dar al-Hawi, cetakan kedua tahun 1999, hal. 238).

2 of 2

4 Kloter Pertama Tiba di Madinah

Muhammad Ali/Liputan6.com
Cuaca panas hingga mencapai 41 derajat celcius membuat jemaah haji banyak minum (Muhammad Ali/Liputan6.com)

 Sebanyak empat kloter calon jemaah haji 2019 dengan total 1.800 orang, akan tiba paling awal di Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMMA), Madinah pukul 10.00 waktu setempat.

Keempat kloter ini, dua berasal dari kloter Embarkasi Surabaya (SUB) dan dua kloter Embarkasi Batam (BTH). Ini diungkapkan Kepala Daerah Kerja Bandara Jedah-Madinah, Arsyad Hidayat pada Jumat malam (6/7/2019).

Dia memastikan jika petugas telah siap menyambut kedatangan para calon jemaah haji.  Penyambutan para calon jemaah kloter pertama ini, rencananya dihadiri antara lain Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi. 

"Insya Allah, kalau tidak ada perubahan pukul 10.00 pagi (mendarat) dan yang akan menyambut Duta Besar RI di Arab Saudi di Bandara Madinah," jelas dia di Madinah. 

Para calon jemaah haji yang mendarat ini akan melalui Terminal Haji. Selanjutnya mereka akan ditempatkan di Madinah.

"Dari info (persiapan) sudah siap untuk penempatan para jemaah. Akan ada 4 kloter, dua dari Surabaya, dan dua dari Batam. Untuk jemaah dari Surabaya sebanyak 450 akan dilakukan penyambutan," jelas dia.

Adapun jumlah petugas yang ditempatkan untuk melayani para calon jemaah haji untuk Daerah Kerja Bandara mencapai 155 orang. Mereka terbagi dalam beberapa tim. Dengan rincian, petugas dari Jakarta mencapai 80 orang, petugas pendukung 55 oang dan tim mobile 20 orang.

 

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by