Harapan Calon Jemaah Haji yang Telah Menunggu 9 Tahun

Oleh Muhammad Ali pada 06 Jul 2019, 08:35 WIB

Liputan6.com, Surabaya - Satu per satu calon jamaah haji kloter pertama dan kedua mulai berdatangan ke Asrama Haji Embarkasi Surabaya, Jawa Timur, Jumat pagi.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (6/7/2019), agar memahami tata cara beribadah, para calon jamaah haji diberikan pengarahan oleh panitia penyelenggara ibadah haji atau PPIH. Dalam menjalani pelatihan ini mereka menginap di Asrama Haji Embarkasi Surabaya hingga jadwal keberangkatan ke Tanah Suci pada hari ini.

Sukimun, salah satu calon jemaah haji kloter 1 asal Magetan yang telah menunggu sembilan tahun berharap bisa melaksanakan ibadah haji dengan lancar dan khusuk.

"Ini penantian luar biasa yang sangat membanggakan, mudah-mudahan nanti saya dan beserta seluruh rombongan bisa melaksanakan yang wajib dan sunnahnya," kata calon jemaah haji Sukimun.

Kedatangan para calon jemaah haji ini juga disambut Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Menag mensosialisakan beberapa hal baru dalam pelaksanaan ibadah haji tahun ini, di antaranya penerapan zonasi penginapan dan sistem pelaporan online.

"Setiap embarkasi itu berada pada hotel-hotel yang satu wilayah, ini juga memudahkan koordinasi di antara petugas," ujar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

PPIH Embarkasi Surabaya bersama pihak maskapai penerbangan juga melakukan pengecekan terhadap barang bawaan para calon jemaah haji. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi barang bawaan yang tidak diperbolehkan dan kelancaraan calon jemaah dalam melaksanakan ibadah haji.