Sukses

Tiba di Tanah Suci, Petugas Haji Langsung Melaksanakan Umroh

Petugas langsung melaksanakan Umroh sebelum siap melayani jemaah haji 1440H/2019M.

Liputan6.com, Makkah - Sebanyak 446 petugas jemaah haji Indonesia telah tiba di Tanah Suci. Terbagi dalam dua penerbangan, petugas langsung melaksanakan Umroh sebelum siap melayani jemaah haji 1440H/2019M.

Liputan6.com mendapatkan jadwal keberangkatan dengan menggunakan penerbangan Garuda Indonesia pada Kamis (4/7/2019), pukul 16.00 wib. Penerbangan ini mendarat di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah pukul 10.00 waktu setempat.

Kondisi bandara tak terlalu ramai, sehingga seluruh proses mulai dari pemeriksaan imigrasi hingga pengambilan bagasi petugas berjalan tanpa kendala.

Di bandara, para petugas menyempatkan diri membersihkan diri, salat dua rakaat dan memakai pakaian ihram untuk melaksanakan Umroh, saat masih di Bandara King Abdul Aziz.

Cuaca panas sudah terasa saat keluar dari Bandara King Abdul Aziz. Namun ini seakan hilang dengan semangat untuk melaksanakan Ibadah Umroh.

Suasana syahdu mulai terasa, di atas bus yang membawa petugas menuju Makkah. Lantunan talbiyah terdengar menyudahi petugas yang sebelumnya mengucapkan niat umroh dengan kesungguhan.

Sebelum menuju Makkah, petugas transit sesaat di Hotel Joharji Tower di Makkah untuk menyimpan barang.

Sekitar pukul 04.00 wib, petugas tiba di Makkah dan bersamaan melaksanakan Ibadah Umroh. Dimulai dari Thawaf, Sai hingga proses Tahalul diselesaikan.

Suasana Masjidil Haram masih tampak tak terlampau ramai. Tampak ada bagian Kakbah yang sedang direnovasi dan proses pembersihan kain penutupnya (kiswah). Ini tak menyurutkan jemaah Umroh untuk berebut salat dan mencium Hajar Aswad.

"Alhamdulillah saya bisa datang melihat Kakbah dan beribadah di Rumah Allah ini. Suatu berkah bagi saya," kata Dian Warastuti, salah satu petugas yang ditempatkan di Daerah Kerja Madinah.

Usai berumroh, petugas kembali ke hotel transit dan menempuh perjalanan ke Madinah untuk menempati daerah kerja masing-masing, bersiap menyambut kedatangan jamaah haji mulai tanggal 6 Juli.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ratusan Petugas Haji Gelombang Pertama Berangkat Hari Ini

Pelaksanaan ibadah haji 2019 tinggal menghitung hari. Sebagai bentuk kesiapan layanan, pemerintah memberangkatkan tahap awal Petugas Pelayanan Haji Indonesia (PPHI) ke Tanah Suci, pada Kamis (4/7/2019) ini. PPIH yang berangkat terdiri dari Petugas Haji Layanan Madinah dan Bandara.

Pelepasan kebrangkatan petugas ini dilakukan Kepala Pusat Kesehatan Haji (Kapuskeshaji) dr. Eka Jusup Singka, pada pukul 06.00 wib.

Adapun total ada 446 petugas haji yang diberangkatkan dari Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta. Petugas berasal dari berbagai instansi pemerintah, yakni dari Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan, TNI, dan Polri.

Eka Jusup berharap para petugas benar-benar melaksanakan tugas dengan baik dalam melayani jemaah haji. "Saya harap semua meluruskan niat dalam melayani jemaah," jelas dia di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

Direktur Bina Haji Kemenag Khoirizi Dasir yang ikut hadir dalam pelepasan mengingatkan kembali pentingnya pelayanan dari para petugas. Apalagi salah satu yang patut menjadi perhatian adalah sebagain besar jemaah Indonesia merupakan lanjut usia.

"Sebanyak 63 persen jemaah kita adalah usia lanjut yang membutuhkan pertolongan kita semua," kata Khoirizi.

Dia pun meminta petugas mencamkan niat dengan benar dalam melayani jemaah. "60 persen jemaah lansia, apa yang dimaksud lansia usianya di atas 65 tahun, 54 persen perempuan ini semua adalah akan kita hadapi tetapi jangan ini diaggap masalah, ini beban, justru jadikan tantangan sehingga teman-teman bisa semnagat untuk bekerja," tegas dia.

Rencananya keberangkatan jemaah haji gelombang pertama berlangsung pada Sabtu (6/7/2019). Jumlah jemaah yang akan diberangkatkan mencapai 1.800, dari embarkasi Surabaya dan Batam.

Tahun ini, Indonesia mendapatkan tambahan kuota haji dari Saudi sebanyak 10.000, sehingga totalnya menjadi 231.000 jemaah, termasuk 17.000 jemaah haji khusus.

Jemaah haji tersebut terbagi menjadi 529 kloter dalam dua gelombang penerbangan. Gelombang pertama akan diterbangkan ke Madinah 6-19 Juli 2019, dan gelombang kedua akan diberangkatkan ke Jeddah 20 Juli-5 Agustus 2019.

Tonton Video Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.