Sukses

Mimpi Gubernur Sumut Bangun Asrama Haji Dekat Bandara Kualanamu

Rencananya pembangunan asrama haji yang baru dekat Bandara Kualanamu ini akan dimulai tahun 2020.

Liputan6.com, Medan - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi berupaya membangun asrama haji baru dekat Bandara Internasional Kualanamu di Kabupaten Deli Serdang untuk mempermudah akses dan dekat menuju bandara.

Orang nomor satu di Sumut itu menilai, asrama haji yang ada saat ini, di Jalan AH Nasution, Kota Medan, sudah tidak strategis, karena jaraknya jauh dari Bandara Kualanamu, tidak seperti dulu ketika Bandara Polonia masih beroperasi.

"Rencananya pembangunan asrama haji yang baru akan dimulai tahun 2020," kata Edy, Rabu (26/6/2019).

Edy menjelaskan, saat ini sudah ada lahan seluas 50 hektare di kawasan Kualanamu. Edy juga menerima masukan agar membangun asrama haji dekat dengan Islamic Centre, yang rencananya juga akan dibangun di kawasan tersebut.

"Asrama haji baru akan didesain menyerupai kondisi di Makkah, Madina, dan tempat lain yang akan dituju jemaah haji di sana, agar ada gambaran sebelum berangkat," ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Edy melantik Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Tahun 1440 H/2019 Embarkasi/ Debarkasi Medan di Asrama Haji. Terkait pelantikan PPIH, Edy berpesan agar para panitia dan petugas haji bisa memperhatikan kondisi emosional jemaah haji yang berangkat.

"Petugas harus membantu jemaah haji, lantaran banyak yang belum pernah berangkat haji," ujarnya.

Edy juga mengimbau, petugas harus sigap membantu dan melayani jemaah haji. Para petugas juga diharapkan dapat mengatur masyarakat yang hendak mengantarkan keluarganya berangkat haji, agar semua orang senang dan bahagia.

"Mengantar berhaji ini sudah jadi budaya di Sumut. Ini kebahagiaan bagi yang diantar maupun yang mengantar," ungkapnya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumut, Iwan Zulhami mengatakan, tahun ini calon haji yang berangkat dari embarkasi Medan sebanyak 8.500 orang.

"Jumlah tersebut akan terbagi dalam 22 kelompok terbang atau kloter," terangnya.

PPIH yang dilantik bertugas menyiapkan hal-hal terkait teknis pelayanan kepada calon haji Embarkasi/Debarkasi Medan. PPIH juga bertugas memberikan pelayanan penerimaan jemaah haji, akomodasi, penyerahan dokumen, penyerahan uang living cost, pembinaan manasik haji, pembayaran penggantian biaya cetak paspor dan lain-lain.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.