Sukses

10 Kloter Terakhir Jemaah Haji Dipulangkan ke Tanah Air

Jemaah haji dari kloter JKG-63 diberangkatkan dari pemondokan pukul 16.00 waktu Arab Saudi (WAS).

Liputan6.com, Jakarta - Sepuluh kloter terakhir yang berjumlah 4.400-an jemaah haji Indonesia diterbangkan menuju Tanah Air pada Selasa, 25 September 2018. Kloter JKG-63 akan menjadi kloter penutup proses kepulangan ini.

Menurut Kepala Seksi (Kasie) Pelayanan, Kedatangan, dan Kepulangan Daker Madinah, Nur Arif, tidak ada persiapan khusus jelang pemulangan kloter terakhir.

Dia mengatakan persiapan dilakukan karena pelepasan kloter JKG-63 jemaah haji akan dipulangkan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

"Enggak ada persiapan khusus, hanya nanti ada pelepasan dari Menteri Agama di Bandara," ujar Arif di Kantor Misi Haji, Madinah.

Berdasarkan informasi, jemaah dari kloter JKG-63 diberangkatkan dari pemondokan pukul 16.00 waktu Arab Saudi (WAS).

Sesampainya di bandara, jemaah dijadwalkan mengikuti seremonial pelepasan yang langsung dipimpin Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pada pukul 17.00 WAS.

"Setelah acara seremoni, para jemaah akan diarahkan ke dalam bandara untuk menjalani pemeriksaan keimigrasian dan pemindaian barang bawaan sebelum bertolak ke Tanah Air pada malam hari," ucap Arif.

Dia memaparkan, setelah pemulangan kloter terakhir, petugas akan mengurusi proses administrasi dari jemaah haji yang sakit dan dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS).

"Yang sakit nanti ditangani KUH (Kantor Urusan Haji). Data KKHI (Klinik Kesehatan Haji Indonesia), nanti mereka akan bikin berita acara ke KJRI," jelas Arif.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jemaah Haji Indonesia

Berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji (Siskohat) Kemenag, jemaah Indonesia tiba di Tanah Suci sejak 17 Juli 2018. Gelombang kedatangan pertama dimulai di Bandara Madinah kemudian dilanjutkan di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

Sementara, pemulangan gelombang pertama dari Bandara Jeddah dimulai pada 27 Agustus hingga 9 September 2018. Sebanyak 218 kloter yang mengangkut 88.944 penumpang dipulangkan pada gelombang pertama tersebut. Rinciannya, jemaah haji sebanyak 87.853 orang dan petugas kloter 1.091 orang.

Kemudian, sejak pemulangan gelombang dua dari Bandara Madinah pada 9 September 2018 lalu, telah 488 kloter kembali ke Tanah Air.

Sebanyak 195.884 jemaah bersama 2.439 petugas yang menyertai jemaah, sehingga total telah kembali 198.323 orang.

 

Laporan jurnalis Dream, Maulana Kautsar, dari Tanah Suci

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.