Tiba di Tanah Suci, Menag Lukman Akan Lepas Pemulangan Kloter Terakhir

Oleh Devira PrastiwiLiputan6.com pada 24 Sep 2018, 10:48 WIB
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin melakukan kunjungan dinas ke Arab Saudi. Lukman dijadwalkan akan melepas kloter terakhir jemaah haji Indonesia pada 26 September 2018 dari Madinah.

Lukman dan rombongan berangkat dari Jakarta pada Minggu, 23 September 2018 pukul 11.00 WIB dan tiba di Jeddah pukul 19.00 waktu Arab Saudi (WAS).

Kedatangannya disambut oleh Direktur Bina Haji Khoirizi, Staf Teknis Urusan Haji Ahmad Dumyathi Basori, Sekretaris Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Muhajirin Yanis, dan sejumlah petugas haji lainnya.

Menurut Muhajirin, kunjungan dinas ini dimaksudkan untuk melakukan rapat evaluasi penyelenggaraan haji, baik di Makkah maupun Madinah. Ia juga dijadwalkan akan melepas rombongan jemaah haji.

"Menag juga akan melakukan pelelepasan jemaah haji Indonesia kloter terakhir," ucap Muhajirin di Jeddah, seperti dikutip dari laman www.kemenag.go.id, Senin (24/9/2018).

Sebelum ke Madinah, Muhajirin mengatakan, Lukman dijadwalkan bertolak ke Makkah terlebih dahulu. Di sana, kata dia, Lukman juga akan memimpin rapat.

Rapat itu mulai dari layanan transportasi hingga konsumsi, termasuk menggali informasi awal seputar layanan akomodasi di Makkah yang bisa digunakan tahun mendatang.

"Pak Menteri Agama Lukman Hakim ingin mengetahui dan memastikan apa-apa yang harus dibenahi agar penyelenggaraan ibadah haji dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan," ucap Muhajirin.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

2 of 2

Periksa Jemaah Haji Sakit

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meninjau Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI). (www.kemenag.go.id)

Muhajirin memaparkan, setelah itu Lukman juga akan mengidentifikasi sejumlah jemaah haji yang masih dirawat di Makkah. Hal tersebut, kata dia, dilakukan untuk memastikan seluruh jemaah tetap mendapat perawatan dan layanan yang baik.

"Di Makkah, Menag juga akan menghadiri undangan Pemerintah Arab Saudi untuk menyaksikan pencucian Kabah yang biasa dilakukan tiap tahun sekali," papar Muhajirin.

Lukman dijadwalkan kembali ke Tanah Air pada 27 September 2018. Turut serta dalam rombongan Lukman, Kepala Bagian Umum Ditjen PHU Selamet, Kasubbag Rumah Tangga Ditjen PHU Tree Agung Nugroho, dan Ruchman Basori dari Ditjen Pendidikan Islam.

Lanjutkan Membaca ↓