Sukses

Masih Ada Jemaah Haji Khusus Belum Dipulangkan dari Arab Saudi

Sampai dengan akhir pemulangan, jemaah haji khusus telah kembali ke Tanah Air sebanyak 16.815 orang.

Liputan6.com, Jakarta - Jadwal pemulangan jemaah haji khusus sudah selesai beberapa waktu lalu. Namun, masih ada yang terpaksa berada di Tanah Suci untuk menjalani perawatan medis. Saat ini, tercatat terdapat tiga orang yang berada di Rumah Sakit Arab Saudi, seperti dikutip dari laman www.haji.kemenag.go.id, Rabu (19/9/2018).

Kepala Seksi Pengawasan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) Zakaria Anshori mengatakan, ketiga jemaah tersebut kini dalam perawatan di sejumlah Rumah Sakit di Kota Madinah. Ia pun merinci mereka.

"Tiga jemaah yang masih dirawat adalah Sariati Niti Sare Mustofa (58) dari PT Mabruri. Beliau masih dirawat di RS Al Anshor. Lalu yang kedua Abdul Rasyid Sir (69) yang merupakan jemaah dari PT Madani Bina Bersama. Abdul Rasyid dirawat di RS Madinatul Hujjaj Madinah," ujar Zakaria.

Jemaah haji khusus terakhir yang masih dirawat, ucap dia, adalah Daeng Baba Baso (76) dari PT Penata Rihlah yang dirawat di RS Ohud.

"Ada pula yang dirawat di RS Makkah atas nama Dewi Tirtowati (72). Dia dari PT AL Anshor Madinah Barokah dirawat di RS Malik Abdul Aziz Zahir," ucap Zakaria.

Sementara, kata dia, jemaah yang sudah dipulangkan bernama Sandiyo Atmo Taruna. Ia dipulangkan setelah menjalani perawatan RS Al Anshar Madinah dan RS Ohud, Sandiyo dipulangkan ke Indonesia melalui Bandara Madinah pada Senin, 17 September 2018.

Berdasarkan laporan Seksi Pengawasan PIHK, jemaah haji khusus yang berangkat 2018 sebanyak 16.840 orang.

Sampai dengan akhir pemulangan, telah kembali ke Tanah Air sebanyak 16.815 orang. Sedangkan jemaah wafat dilaporkan 21 orang, dirawat di RS Madinah 3 dan RS Makkah 1 orang.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.