Sukses

Air Zamzam Bertuliskan #2019Ganti Presiden Dibagikan Jemaah Haji Nonkuota

Kemasan air zamzam yang ditempeli stiker tagar itu dibagikan kepada jemaah haji nonkuota yang pulang melalui Bandara Jeddah.

Liputan6.com, Jakarta - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi menyebut telah menemukan pembagian air zamzam bertagar #2019GantiPresiden. Jemaah yang menerima kemasan air zamzam itu adalah peserta haji furoda alias bukan kuota.

Kepala PPIH Arab Saudi Daerah Kerja (Daker) Bandara Arsyad Hidayat menjelaskan, berdasarkan informasi dari petugas Bidang Pengawasan Penyelenggara Haji (PIHK), kemasan zamzam yang ditempeli stiker tagar itu dibagikan kepada jemaah haji nonkuota yang pulang melalui Terminal Internasional Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

"Diduga, pembagian air zamzam beraroma politik praktis itu dilakukan pada Senin, 27 Agustus 2018 atas inisiatif agen travel. Kalau di Bandara Terminal Haji tidak ada pembagian zamzam," ujar Arsyad.

Dia mengatakan, pemerintah akan membagiankan air zamzam kepada jemaah haji reguler maupun haji khusus. Pemberian air zamzam itu, kata Arsyad, melalui maskapai Garuda Indonesia dan Saudia Airline.

Sementara itu, Kabid Pengawasan PIHK di PPIH Arab Saudi Mulyo Widodo mengatakan, jemaah haji yang menerima air zamzam itu merupakan jemaah haji furoda.

"Menurut mereka, logo itu memang ada dan sudah tertempel. Mereka tidak tahu proses tempelnya," kata Mulyo.

Mulyo menjelaskan, jemaah haji furoda itu di bawah koordinazi Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) yang tidak resmi.

Dia juga menjelaskan bahwa haji furoda tidak masuk regulasi Kemenag. " Jadi, penindakannya di luar kewenangan kita," tegas Mulyo.

 

Laporan jurnalis Dream, Maulana Kautsar, dari Tanah Suci

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.