Ratusan Jemaah Haji Wisata Ziarah ke Museum Kiswah

Oleh Devira PrastiwiLiputan6.com pada 31 Agu 2018, 09:38 WIB
Diperbarui 31 Agu 2018, 09:38 WIB
Melihat Lebih Dekat Bangunan Kakbah
Perbesar
Umat muslim berjalan mengelilingi bangunan Kakbah di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Jumat (17/8). Bangunan Kakbah dibungkus kain berwarna hitam yang disebut kiswah. (AP Photo/ Dar Yasin)

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 185 jemaah haji khusus asal Pekanbaru, Riau melakukan ziarah religi di seputar kota Makkah sambil menunggu waktu kepulangan ke Indonesia.

Salah satunya adalah Museum Kiswah. Mereka merupakan rombongan haji khusus nonreguler dari PT Muhibbah Mulia Wisata.

"Jemaah ini mengunjungi Museum Kiswah atau museum pembuatan kain kiswah penutup Kabah," ujar Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Riau, Musdhalifah di Pekanbaru, seperti dilansir Antara, Jumat (31/8/2018).

Dalam museum tersebut, kata dia, banyak terdapat benda-benda bersejarah seperti kubah Masjidil Haram dari zaman dahulu sampai kubah sebelum kubah terakhir.

Di dalam museum itu, menurut Musdhalifah, juga terdapat perjalanan sejarah perkembangan Kota Makkah, perkembangan sumur zamzam, dan sejarah penting lainnya.

"Dengan mengajak jemaah mengunjungi museum tersebut diharapkan jamaah dapat mengambil pelajaran dan hikmah terhadap perjuangan dakwah Rasulullah dan sahabat serta keteguhan mereka terhadap Islam," kata dia.

Menurut Musdhalifah, seperti dilaporkan petugas Haji Khusus Muhibbah, Irwan Aditya, Eri Musmir, dan Ezi dari Makkah, ziarah ke Museum Kiswah merupakan agenda khusus yang dilaksanakan oleh jemaah haji Muhibbah.

"Setelah prosesi ibadah haji selesai, selama di Mekkah, jemaah haji ini akan memaksimalkan ibadah salat wajib dan sunah di Masjidil Haram, dan mencari pahala sebesar-besarnya sebelum pulang ke Tanah Air," ucap Musdhalifah.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: 

2 dari 2 halaman

Semua Sehat

Kain Penutup Kakbah atau Kiswah
Perbesar
Kain penutup Kakbah digulung saat musim haji tiba. (Saudi Gazette)

Terkait kondisi jamaah haji tersebut, Eri Musmir yang mendampingi jemaah selama pelaksanaan ibadah Haji di Makkah dan Madinah, semua dalam keadaan sehat, meski ada yang mengalami batuk pilek.

"Kami berharap sampai jamaah haji kembali ke Tanah Air semoga Allah SWT memberi kesehatan sehingga dapat berkumpul kembali dengan sanak keluarga di kampung," jelas Eri.

Lanjutkan Membaca ↓