Sukses

Kebahagiaan Rais Rambo Bisa Pergi Haji Bersama 11 Anggota Keluarganya

Kebahagiaan sudah pasti dirasakan oleh mereka yang bisa beribadah di Tanah Suci, terlebih lagi jika bisa berangkat haji bersama keluarga.

Liputan6.com, Jakarta - Pergi haji menjadi salah satu impian semua umat muslim di dunia. Bukan hanya sekadar ingin beribadah, tapi Baitullah memang memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi oleh semua orang.

Kebahagiaan sudah pasti dirasakan oleh mereka yang bisa beribadah di Tanah Suci, terlebih lagi jika bisa berangkat haji bersama keluarga. Contohnya adalah Nurai Rais Sambo (62).

Rais Sambo pergi haji bersama 11 anggota keluarganya. Ia yang sudah berhaji dua kali sebelumnya, kini didampingi oleh istri, 4 orang anak, 3 menantu, 1 adik kandung, dan 1 orang cucunya.

Rais Sambo tampak duduk bersama keluarganya di plaza ruang tunggu Bandara King Abdul Aziz, Jeddah. Saat ditanya bagaimana caranya bisa berhaji bersama 11 keluarga yang tentu butuh biaya sangat besar, dengan enteng dia menjawab menabung dari hasil panen padi.

"Caranya nabung hasil panen, tapi disimpen di rumah, tidak di bank," cerita Rais Sambo, seperti dilansir dari laman www.haji.kemenag.go.id, Rabu (29/8/2018).

Ia mengaku, setiap panen bisa menabung sekitar Rp 50 juta. Sebagian lagi, kata Rais Sambo, digunakan untuk belanja kebutuhan dan bertani.

"Rata-rata dapat 100 juta setiap panen, yang separuh saya pakai lagi untuk modal tani," ucapnya.

Rais Sambo mengatakan, sebetulnya masih banyak lagi orang yang jauh lebih kaya darinya dan belum sekali pun berhaji. Semuanya, kata dia, harus diawali dari niat kuat untuk ibadah.

"Orang lain banyak yang lebih kaya ada di kampung saya, tapi alhamdulillah saya bisa mengajak berangkat haji bareng keluarga. Mungkin ini yang namanya panggilan Allah," kata Rais Sambo.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Semua Bahagia

Rais Sambo dulu pernah berhaji pada 1978 bersama saudaranya, sedangkan tahun 1993 berhaji bersama istrinya.

"Alhamdulillah saya bisa membiayai ibadah haji anak-anak dan cucu saya. Anak-anak ada lagi yang berangkat tahun 2021," kata Rais Sambo.

Surya Maulana (24), salah satu anak Rais Sambo, juga mengaku bahagia bisa berangkat haji bersama keluarga.

"Seneng berangkat bareng keluarga di usia muda, terlebih bersama orang tua dan saudara saya," tutur Surya.

Ada lagi keponakan Surya yang masih sangat belia. Namanya Nadia, umurnya baru 18 tahun. Sama seperti Surya, Nadia juga senang berhaji bersama keluarga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.