Sukses

Pujian Sopir Bus Arab Saudi untuk Petugas Haji Indonesia

Meskipun jumlahnya belum sebanding dengan jumlah jemaah haji, nyatanya keberadaan mereka berdampak signifikan pada pelayanan jemaah haji.

Liputan6.com, Jakarta - Petugas haji Indonesia di Tanah Suci sangat mudah dikenali. Mereka berseragam putih hitam dengan rompi bertuliskan Petugas Haji Indonesia.

Meskipun jumlahnya belum sebanding dengan jumlah jemaah haji, nyatanya keberadaan mereka berdampak signifikan pada pelayanan jemaah haji.

Jemaah haji pun merasa lebih nyaman dan tenang saat melihat petugas tersebut. Selain mudah dikenali, keberadaan petugas haji Indonesia ini juga memberi makna para pihak yang terlibat dalam pelayanan haji di Arab Saudi.

Pernah diberitakan di beberapa media, ada petugas haji Indonesia merawat petugas keamanan atau askar Saudi yang sakit di Jamarat, Mina. Efek baik petugas haji Indonesia juga dirasakan oleh pengemudi bus pengantar jemaah haji.

Contohnya, saat menerima jemaah asal PLM-1 yang akan bertolak ke Palembang, pengemudi bus Saptco, Mustafa Muhammad memuji layanan petugas haji Indonesia.

"Saya sangat terbantu dengan petugas haji Indonesia yang ada di banyak tempat. Di hotel ada petugas, sampai di bandara juga banyak petugas. Tidak seperti negara lain yang sangat jarang terlihat petugasnya," ujar Mustafa yang diterjemahkan oleh tenaga pendukung PPIH, seperti dilansir Antara, Rabu (29/8/2018).

Sementara itu, haji dari kloter PLM-01 Amin Santoso (60) yang sedang menunggu pemulangan di Bandara Jeddah juga menuturkan hal serupa. Menurut dia, layanan haji yang dia terima sangat baik, jauh melampui ekspektasinya.

"Pelayanan petugas sangat baik dan memuaskan. Saya akan sampaikan ke teman-teman dan saudara saya agar tidak ragu saat akan berhaji. Semua sangat baik. Semua pelayanan haji ke depan makin baik," pungkas Amin sambil tersenyum.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.