Sukses

Lakukan 10 Inovasi, Kemenag Yakin Indeks Kepuasan Jemaah Haji Naik

Para petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi saat bertanya kepada jemaah haji Indonesia, rata-rata menyatakan puas.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) berhasil mengeluarkan 10 inovasi dalam penyelenggaran haji 2018 ini. Oleh karena itu, Kemenag optimistis nilai indeks kepuasan jemaah haji tahun ini akan meningkat.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah, Nizar usai pelepasan 455 jemaah Debarkasi Palembang yang berasal dari kloter PLM-01.

Kloter perdana jemaah haji yang pulang menuju Tanah Air ini diberangkatkan dari Hotel Waf Al-Ihsan di kawasan Misfalah, Makkah menuju Bandara King Abdul Aziz Jeddah.

"Insya Allah dengan melihat perkembangan yang ada, 10 inovasi yang kita lakukan akan berimbas pada kenaikan nilai indeks kepuasan jemaah," ujar Nizar, seperti dikutip dari www.haji.kemenag.go.id, Selasa (28/8/2018).

Hal ini menurutnya cukup beralasan. Mengingat, kata Nizar, para petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi saat bertanya kepada jemaah, rata-rata menyatakan puas.

"Bahkan saat Menteri Agama maupun jajaran eselon I dan II menanyakan secara langsung kepada jemaah, mereka menjawab pelayanan yang didapat top," ucapnya.

Di samping itu, pihaknya juga melihat masa kritis fase Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armina) sudah selesai dan tidak ada insiden yang berarti.

"Masa kritis sudah dilalui dan seperti yang kita rasakan bersama tidak ada insiden yang berarti, maka bisa disimpulkan haji tahun ini sukses. Tadi Pak Dubes (Agus Maftuh Abegebriel) juga menyatakan, Gubernur Makkah menilai tahun ini adalah kesuksesan tiada tanding bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya," papar Nizar.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

10 Inovasi Haji

Kemenag memang mematok kenaikan target indeks kepuasan jemaah haji. Untuk tahun ini ditargetkan mencapai minimal 85 persen atau naik dari tahun lalu yang mendapat 84,85 persen.

Indeks kepuasan jemaah haji Indonesia terus meningkat tiap tahun. Tahun 2014 mencapai 81,52 persen, pada 2015 sebesar 82,67 persen, dan 83,83 persen pada 2016.

Sementara, 10 inovasi Kemenag pada musim haji tahun ini adalah percepatan keimigrasian, QR Code gelang jemaah, penyewaan full musim sebagian hotel di Madinah, bumbu masakan dan juru masak dari Indonesia pada katering haji.

Selain itu juga juga penambahan katering Makkah, tanda paspor dan koper untuk memudahkan identifikasi dan pengelompokan, pengalihan porsi ahli waris, pencetakan visa, adanya Konsultan Ibadah, dan pembentukan tim Pertolongan Pertama pada Jemaah Haji (P3JH).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.