Sukses

Tak Hanya Beribadah, Ini 3 Kisah Menarik Jemaah Haji

Tak hanya sekedar menjalankan ibadah haji, ada saja tingkah jemaah haji yang menarik.

Liputan6.com, Jakarta - Jemaah haji dari seluruh dunia sudah dapat dipastikan telah selesai melakukan amalan lempar jumrah, baik yang nafar awal maupun nafar tsani. Mereka juga telah melakukan jumrah besar atau Aqabah pada hari Nahar 10 Zulhijah yang bertepatan dengan Selasa, 21 Agustus 2018.

Jemaah haji pada jumrah Aqabah diwajibkan untuk melempar tiang jamarat yang menjadi batas antara Mina dengan Makkah.

Di hari pertama jumrah, jemaah hanya menyasar tiang jumrah kubra dengan tujuh batu yang sudah diambil. Selagi menjalani wajib haji, jemaah menginap sebentar (mabit) di Muzdalifah.

Sedangkan pada Hari Tasyrik (11, 12 dan 13 Zulhijah) yang bertepatan dengan 22-24 Agustus 2018, jemaah haji sedunia akan melakukan jumrah lanjutan, baik itu yang menempuh nafar awal atau kedua.

Untuk dua nafar itu, jemaah akan melempar jamarat untuk tiga tiang, yaitu sughra (kecil/ula), wustha (tengah), dan diakhiri kubra (besar/aqabah).

Jumrah dimulai dari tiang jamarat kecil, tengah, dan diakhiri besar. Sesuai ketentuan syariah, masing-masing tiang harus dilempar dengan tujuh batu. Batu untuk jumrah di Hari Tasyrik boleh diambil di Muzdalifah ataupun Mina.

Tak hanya sekedar menjalankan ibadah haji, ada saja tingkah jemaah haji yang menarik. Mulai dari kepolosan haji Indonesia yang meminta dikirimkan fotonya bersama Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, hingga haji asal Jordania melahirkan saat hendak wukuf di Arafah.

Berikut berita menarik jemaah haji yang telah dirangkum Liputan6.com selama musim haji 2018 ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Minta Foto Selfi Dikirimkan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin

Kisah itu bermula dari Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menjajal bus salat lima waktu atau salawat menuju Masjidil Haram pada Selasa, 14 Agustus 2018.

Selama perjalanan, Lukman duduk sebangku dan berbincang dengan seorang calon haji pria. Teman obrolan Lukman tersebut mengaku sebenarnya ingin tidur selama di perjalanan, tetapi karena diajak bicara, pria tersebut membatalkan niatnya.

"Tadi saya mau tidur sebenarnya, tapi saya tak ingin menyia-nyiakan momen bertemu Pak Menteri," ujar calon haji pria tersebut kepada Lukman.

Setelah berbincang santai, pria itu mengajak Lukman berfoto menggunakan ponsel sang Menteri. Usai berfoto, pria itu tanpa malu meminta Lukman mengirimkan ke ponselnya.

 

Selengkapnya.....

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

3 dari 4 halaman

2. Jemaah Haji Indonesia Digendong

Namanya Imam Hambali. Ia adalah seorang guru Madrasah Tsanawiyah Ponpes Sabilil Muttaqin, Kauman, Ploso, Nganjuk, Jawa Timur. Imam yang tergabung dalam kloter SUB 59 itu sempat berjalan tertatih lantaran kakinya lecet.

Kejadian itu berlangsung saat Imam berjalan Jamarat-Mina di mana, stamina dan kondisi fisik yang prima menjadi salah satu syarat. Tak banyak jemaah Indonesia yang mampu menyelesaikan perjalanan Jamarat-Mina. Banyak di antara jemaah haji yang mengalami sakit di bagian kaki, termasuk Imam.

 

Selengkapnya.....

 

4 dari 4 halaman

3. Wanita Haji Jordania Melahirkan

Berbeda dari kedua haji asal Indonesia, haji asal Jordania melahirkan saat bayi lelaki saat prosesi wukuf di Padang Arafah, Senin, 20 Agustus 2018 lalu. Bayi itu pun diberi nama Waddah.

Diketahui, usia kandungan jemaah haji Jordania itu memang sudah tua. Saat berada di Arafah, dia kemudian dilarikan ke Rumah Sakit Umum Jabal Al-Rahma. Bayi lelaki itu lahir sehat. Sang bunda pun selamat.

 

Selengkapnya.....

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.