Sukses

Tanggapan Menag atas Keluhan Jemaah Haji soal Tenda Mina

Permintaan maaf itu disampaikan langsung Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin setelah muncul keluhan dari jemaah haji terkait kondisi sejumlah tenda di Mina.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meminta maaf karena belum bisa memberikan ruang terbaik untuk jemaah haji Indonesia selama proses wukuf di Mina, Arab Saudi.

Permintaan maaf itu disampaikan langsung Lukman setelah muncul keluhan dari jemaah haji terkait kondisi sejumlah tenda di Mina yang sangat sempit. Padahal, proses wukuf menjadi momen krusial dalam pelaksanaan ibadah haji.

Bima, seorang haji asal Pekayon, Bekasi, Jawa Barat yang tergabung di kloter 23, menceritakan kondisi tenda yang ditempatinya tak sesuai antara jumlah orang dan kapasitasnya. Bersama tiga rekannya, Bima akhirnya memilih tinggal dan tidur di Masjid Bar yang terletak di kawasan Mina.

"Di dalam penuh, sudah nggak muat padahal sudah diakali dengan tambahan-tambahan," ujar Bima, Selasa, 22 Agustus 2018, malam.

Namun, upaya Bima menginap di Masjid Bar ternyata tak terwujud. Dia mengaku juga tak kebagian lokasi tidur di masjid tersebut karena kondisinya penuh sesak dengan jemaah lain dari berbagai negara.

Mendengar pengalaman Bima, Lukman langsung meminta maaf dengan kondisi yang terjadi di tenda Mina.

"Kami mohon maaf belum bisa memberikan ruang terbaik, bapak-ibu berdesak-desakan di tenda dan kondisi toilet terbatas, mudah-mudahan semua tambah sabar," ucap Lukman.

Menurutnya, tenda yang disiapkan untuk jemaah haji di Mina memang terbatas. Kewenangan soal penyediaan tenda jemaah haji, kata Lukman, sepenuhnya ada di otoritas Arab Saudi.

"Sementara ini kita tidak bisa minta tambahan fasilitas. Satu-satunya yang bisa kita minta hanya ke maktab untuk karpet tambahan. Itu sementara alternatif yang bisa kita lakukan," tegas Lukman.

 

Laporan jurnalis Dream, Maulana Kautsar, dari Tanah Suci

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.