Diterpa Badai, Kiswah Kakbah Sempat Terangkat

Oleh Devira PrastiwiLiputan6.com pada 20 Agu 2018, 14:13 WIB
Kakbah di Makkah tersingkap saat badai

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian kawasan Makkah, Arab Saudi, dilanda hujan lebat disertai angin kencang pada Minggu, 19 Agustus 2018. Cuaca ekstrem ini terjadi khususnya di Masjidil Haram, Mina, dan Arafah.

Hujan deras yang disertai petir ini turun sejak waktu Magrib hingga malam hari. Di Masjidil Haram, kiswah Kakbah sampai tersingkap karena sapuan angin kencang.

Berdasarkan informasi, kiswah rencananya sedang dalam proses penggantian sebelum hujan dan angin kencang melanda. Kiswah Kakbah memang rutin diganti saat 9 Zulhijah yang bersamaan dengan waktu wukuf di Arafah.

Penggantian dilakukan untuk menyambut Idul Adha. Arab Saudi menetapkan Idul Adha 1439 H jatuh pada Selasa, 22 Agustus 2018.

Sementara di Arafah, sejumlah tenda yang sudah disiapkan untuk wukuf jemaah calon haji Indonesia sampai bergoyang. Pada saat itu, jemaah calon haji dari seluruh dunia sedang berkumpul di Arafah.

"Mengingat cuaca kurang baik, angin kencang dan berdebu, dimohon kepada jamaah untuk masuk ke dalam tenda demi menjaga keselamatan dan menjaga fisik," ujar petugas melalui pengeras suara di Arafah, Minggu, 19 Agustus 2018.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: 

2 of 2

Kondisi di Mina

Melihat Lebih Dekat Bangunan Kakbah
Umat muslim memagang bangunan Kakbah di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Jumat (17/8). Dalam ritual ibadah haji umat muslim diharuskan tawaf atau berputar mengelilingi Kakbah berlawanan arah jarum jam. (AP Photo/ Dar Yasin)

Kondisi yang sama juga terjadi di Mina. Sejumlah tenda yang sudah didirikan sampai tersingkap diterpa angin. Angin kencang juga menyebabkan sejumlah lampu dinding untuk penerangan tenda bergoyang.

Para jemaah calon haji yang hendak mengambil wudu harus berhamburan mencari perlindungan.

Beberapa petugas bersiaga berada di luar tenda. Menghalau angin, beberapa petugas bahkan berpegangan pada pepohonan.

 

Laporan jurnalis Dream, Maulana Kautsar, dari Tanah Suci

Lanjutkan Membaca ↓