Sukses

Kisah Masjid Jin, Tempat Bersejarah yang Jadi Tujuan Wisata Jemaah Haji

Selain melaksanakan ibadah haji, jemaah asal Indonesia juga menyempatkan diri mendatangi sejumlah tempat bersejarah di Tanah Suci untuk berziarah.

Liputan6.com, Jakarta - Selain melaksanakan ibadah haji, jemaah asal Indonesia juga menyempatkan diri mendatangi sejumlah tempat bersejarah di Tanah Suci untuk berziarah.

Salah satunya adalah Masjid Jin di Makkah. Pada Senin 13 Agustus 2018 lalu, jemaah calon haji asal Asahan, Sumatera Utara mendatangi masjid bersejarah ini.

Masjid ini terletak di daerah Ma'la, sekitar 1,5 kilometer sebelah utara Masjidil Haram. Berlantai dua, masjid ini luasnya sekitar 10x20 meter.

Kubah masjid yang juga disebut dengan nama Al Bai'ah ini dihiasi oleh tulisan kaligrafi Surat Jin ayat 1-9.

Menurut Kepala Kementerian Agama Kabupaten Asahan, Hayatsyah, masjid ini merupakan saksi bisu perjuangan Rasulullah SAW dalam mengembangkan agama Islam.

"Ketika Nabi Muhammad sedang melafazkan ayat-ayat Alquran, surah Ar Rahman dalam masjid ini, para jin tertegun dan terkesima dengan suara merdu Rasulullah SAW," ucap Hayatsyah.

Dengan kemerduaan itu, lanjutnya, jin kafir yang mendengarkan lantunan Alquran itu memutuskan hijrah dan memeluk agama Islam. Para jin pun, kata Hayatsyah, menyatakan diri masuk Islam di hadapan Rasulullah SAW.

"Para jin yang mengucapkan dua kalimat syahadat itu berasal dari daerah di antara Suriah dan Iraq, Nasibain. Dari kisah inilah, nama Masjid Jin diperoleh," papar Hayatsyah.

Hayatsyah menyampaikan kepada jemaah calon haji agar dengan ziarah ke Masjid Jin ini bisa semakin meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT dan dapat mencintai serta mengamalkan ajaran agama Islam dalam setiap aktivitas kita.

 

Reporter : Eko Huda S

Sumber  : Merdeka.com

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.