Sukses

Ruang Pembagian Katering Jemaah Haji Dipakai untuk Jualan Bakso

Penggunaan ruangan untuk jualan bakso jadi penyebab lambatnya distribusi katering jemaah calon haji.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi Pengawas Haji Indonesia (KPHI) Samidin Nashir mendapat temuan yang tidak menyenangkan terkait katering untuk jemaah. Menurut Samidin, ada salah satu ruangan yang disewa untuk pembagian katering haji di sektor 6, Mahbas Jin, Makkah justru dipakai untuk berjualan bakso.

"Tempat itu sebenarnya ruang makan yang seharusnya dimanfaatkan untuk distribusi katering. Kenyataannya malah dipakai jualan bakso," ujar Samidin di Makkah, Senin 13 Agustus 2018.

Samidin telah menyampaikan temuan tersebut ke petugas sektor 6 dan pengelola gedung sudah diberi teguran. Sayangnya, kata dia, pengelola gedung tidak merespons teguran tersebut.

"Katanya petugas di sektor 6 sudah menyampaikan hal itu ke pengelola gedung, tapi belum mendapat respons," ucapnya.

Menurut Samidin, penggunaan ruang makan untuk jualan bakso jadi penyebab lambatnya distribusi katering. Ia pun mendesak seksi perumahan di daerah kerja (daker) Makkah menindaklanjuti temuan ini.

"Saya minta ada tindak lanjut. Jangan sekadar surat teguran. Harus diberi sanksi karena itu space yang sudah disewa," tegas Samidin.

Sanksi terberat, menurut dia, bisa berupa permintaan kompensasi serta memasukkan pengelola gedung dalam daftar hitam sewa.

 

Laporan jurnalis Dream, Maulana Kautsar, dari Tanah Suci

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.