Saudi Minta Indonesia Ajari Manajerial Haji

Oleh Devira PrastiwiLiputan6.com pada 14 Agu 2018, 11:16 WIB
Jemaah Calon Haji Indonesia ditemukan lemas

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel mengatakan, Indonesia diminta secara khusus oleh Pemerintah Arab Saudi mengajarkan manajerial haji ke negara-negara lain.

Pesan itu diterima Agus saat bertemu Pangeran Shohibul Sumu Al Malaki dan Pangeran Faisal bin Sulton.

"Alhamdulillah, Pemerintah Arab Saudi memberi apresiasi besar terhadap Indonesia sebagai jemaah yang terdisiplin dan berharap Indonesia akan menularkan kemampuan manajerial haji ke negara-negara lain," ujar Agus, Minggu 12 Agustus 2018.

Agus berterima kasih kepada Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang telah serius mengoperasikan pelayanan haji. Dia berharap, Indonesia dapat memanfaatkan poros keemasan diplomatik dengan Saudi yang telah terbentuk.

Dalam kesempatan yang sama, Lukman menyampaikan terima kasih atas apresiasi dari Arab Saudi. Meski begitu, Lukman tidak mau berbangga diri.

"Kita harus betul-betul lihat dengan cermat kekurangan-kekurangannya agar jemaah haji kita terlayani dengan sebaik-sebaiknya," tegas Lukman.

 

Laporan jurnalis Dream, Maulana Kautsar, dari Tanah Suci

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: