Sukses

PPIH Surabaya Pastikan Setiap Jemaah Haji Dapat Air Zamzam

Satu galon tersebut berisi lima liter air zamzam yang akan dibagikan kepada setiap anggota jemaah haji ketika sudah berada di Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

Liputan6.com, Surabaya - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/Debarkasi Surabaya memastikan setiap haji mendapatkan air zamzam yang sudah disiapkan dan dapat diambil di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Jawa Timur sepulang dari Tanah Suci.

"Setiap jamaah haji akan mendapatkan satu galon air zamzam setibanya di tanah air nanti," ujar Sekretaris PPIH Embarkasi/Debarkasi Surabaya Achmad Faridul Ilmi, seperti dilansir Antara, Jumat (10/8/2018).

Dia menjelaskan, satu galon tersebut berisi lima liter air zamzam yang akan dibagikan kepada setiap anggota jemaah haji ketika sudah berada di Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

Faridul mengatakan, saat ini sudah ada sekitar 26 ribu galon air zamzam yang telah tiba di Asrama Haji Sukolilo Surabaya. Galon-galon air zamzam tersebut, kata dia, diangkut secara bertahap menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines setiap hari sejak 1 Agustus 2018 lalu.

"Pesawat Saudi Arabian Airlines ini setiap hari memberangkatkan jemaah calon haji dari Embarkasi Surabaya menuju Tanah Suci. Ketika kembali ke Surabaya mengangkut air zamzam sejak 1 Agustus lalu. Sekali angkut sekitar 3.200 galon," paparnya.

Faridul memprediksi pada Sabtu 11 Agustus 2018 besok, pengangkutan air zamzam terakhir di Embarkasi Surabaya. Dia memastikan, galon-galon air zamzam yang yang telah tiba di Asrama Haji Sukolilo Surabaya tersimpan dengan baik tanpa ada satu pun kemasan rusak.

"Sudah siap dibagikan kepada setiap jemaah haji ketika pulang dari Tanah Suci," jelas Faridul.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

37.055 Orang Berangkat dari Embarkasi Surabaya

PPIH Embarkasi Surabaya tahun ini memberangkatkan 37.055 calon haji. Angka itu meliputi 35.270 orang asal Jawa Timur, 700 dari Bali, dan 670 dari Nusa Tenggara Timur. Sekitar 29 ribu calon haji di antaranya hingga saat ini telah berada di Tanah Suci.

PPIH Embarkasi Surabaya masih menyisakan 15 kolter jamaah calon haji yang akan terus diberangkatkan secara bertahap setiap hari hingga 15 Agustus mendatang.

Sejauh ini, hingga keberangkatan kloter 66 di Embarkasi Surabaya, tercatat enam calon haji dinyatakan gagal berangkat dan harus dipulangkan ke daerah asalnya setelah diketahui hamil.

Sebanyak dua calon gagal berangkat setelah terdeteksi hamil saat tes kesehatan di daerah asalnya, empat lainnya diketahui hamil sesaat menjelang keberangkatannya ke Tanah Suci, yaitu ketika menjalani tes kesehatan terakhir di Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.