Sukses

Calon Haji Ditemukan Terkulai Lemas Saat Tawaf

Kejadian ini merupakan temuan kesekian kalinya, karena sebelumnya pada Sabtu 4 Agustus 2018 lalu juga ditemukan jemaah calon haji asal Lampung lemas tak kuat jalan di lintasan tawaf.

Liputan6.com, Jakarta - Para petugas haji yang bertugas di Majidil Haram kembali menemukan calon haji yang lemas tak kuat jalan. Wanita tersebut bernama Endang dari Embarkasi Solo kloter 71 (SOC-71) dan ditemukan di area Babussalam.

Kejadian ini merupakan temuan kesekian kalinya, karena sebelumnya pada Sabtu 4 Agustus 2018 lalu juga ditemukan jemaah calon haji asal Lampung lemas tak kuat jalan di lintasan tawaf.

"Ibu ini ditemukan dalam kondisi lemas, gemetar dan berkeringat dingin. Kami temukan di area Babussalam," ujar petugas haji yang tergabung dalam Pertolongan Pertama Pada Jemaah Haji (P3JH) dr Pradipta Suarsyaf, seperti dikutip dari laman www.kemenag.go.id, Jumat (10/8/2018).

Kemudian, calon haji tersebut diperiksa oleh dr Raden Muhammad Tanri Arrizasyifaa, petugas kesehatan yang ada di Masjidil Haram.

"Nadi jemaah tersebut masih terasa kuat," kata dia.

Pradipta mengatakan, kejadian yang menimpa calon haji tersebut merupakan rangkaian gejala khas dari hipoglikemia, yakni turunnya kadar gula darah mendadak yang justru sering mengenai para pengidap kencing manis atau DM.

"Pemicunya adalah pasien minum obat DM (penurunan kadar gula) tetapi tidak makan setelahnya," tutur Pradipta.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beri Pertolongan Darurat

Selanjutnya, oleh dokter yang menanganinya, calon haji tersebut diberikan pertolongan darurat berupa nuggets gula yang sesaat kemudian membuatnya lebih segar.

"Ibu tersebut mengaku bila ia terakhir makan kemarin sore. Sedangkan malam dan paginya tidak makan, tapi tetap mengonsumsi obat DM," terang Pradipta.

Pradipta mengimbau bagi jemaah agar tetap memperhatikan kesehatan dengan teratur makan dan minum yang cukup.

"Bagi yang memiliki penyakit dan mengonsumsi obat rutin, harap tetap menjaga agar konsumsi obatnya tidak terlewat," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.