Sukses

15 Kloter Terakhir Gelombang I Jemaah Calon Haji Bertolak ke Makkah

Pelepasan jemaah calon haji asal Indonesia kloter terakhir dihadiri oleh Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama, Nizar Ali.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 6.084 jemaah calon haji dari 15 kloter terakhir gelombang I asal Indonesia yang berada di Madinah berangkat ke Makkah, Arab Saudi.

Pelepasan dihadiri oleh Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama, Nizar Ali. Ia berharap, jemaah calon haji terakhir yang berangkat mendapatkan kelancaran dalam beribadah.

"Mudah-mudahan mendapat kemudahan, kelancaran, dan dapat menjalankan umrah wajib dengan sempurna dan saat puncak haji dapat melaksanakan sempurna, semoga jadi haji mabrur," ujar Nizar di Hotel Rehab Al Masi, Madinah, seperti dilansir dari laman www.kemenag.go.id, Rabu (8/8/2018).

Dalam pelepasan kloter terakhir 09 Palembang yang berjumlah 443 jemaah, Nizar berpesan kepada seluruh calon haji yang berangkat ke Makkah agar menjaga kesehatan. Sehingga, kata dia, stamina jemaah tetap terjaga baik.

Selain itu, Nizar juga meminta jemaah calon haji untuk tidak menghabiskan tenaga untuk menjalankan umrah sunnah. "Itu bisa dilakukan setelah puncak haji," ucapnya.

Dia juga menyarankan agar antarjemaah calon haji dapat tolong menolong. Nizar berharap, kasus jemaah yang terpisah dari rombongan tak dapat terjadi dengan saling menjaga.

"Dan jangan segan-segan meminta pertolongan kepada petugas. Ada, petugas yang akan membantu di setiap sektor dan hotel jangan ragu kalau butuh petolongan, kami siap," tegas Nizar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.