Sukses

Jemaah Haji Indonesia Diimbau Jauhi Unta

Jemaah calon haji diminta untuk menjauhi unta. Alasannya adalah unta selama ini menjadi penyebar virus MERS-CoV.

Liputan6.com, Jakarta - Jemaah calon haji asal Indonesia diimbau tidak dekat-dekat atau bahkan menyentuh unta saat berada di Tanah Suci. Imbauan itu dikeluarkan demi alasan kesehatan. Sebab, unta selama ini menjadi penyebar virus MERS-CoV.

"Imbauan dari pemerintah agar beribadah jangan dekat-dekat dengan unta, jangan minum susu unta menyangkut kebersihannya," ujar Konsul Jenderal RI Jeddah, M Hery Saripuddin.

Menurut Hery, jemaah calon haji harus menahan diri untuk tak menyentuh unta. Apalagi, kata dia, memegang unta bukanlah termasuk rukun dalam beribadah haji.

"Kalau enggak penting-penting amat ngapain sih. Tidak mengganggu kemabruran seseorang jika tak menyentuh unta," tegas Hery.

Senada dengan Hery, Sekretaris Ditjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Kuwat Hudoyo juga mengatakan jika imbauan menjauhi unta telah disosialisasikan kepada jemaah calon haji. Mereka juga dilarang berswafoto dengan hewan gurun ini.

"TKHI (Tim Kesehatan Haji Indonesia) harus memantau, jangan ada yang selfie dengan unta, karena kita masih cukup harus waspada. Saya harap datang 392 dan pulang 392 juga, sehat. Dan Insya Allah ibadah hajinya mabrur," kata Kuwat.

Sementara itu, Badan Layanan Haji (Mutawif) untuk Asia Tenggara telah mengeluarkan larangan keberadaan unta dan larangan menjual susu unta di Makkah, Masyair, dan sekitarnya selama musim haji.

 

Laporan jurnalis Dream, Maulana Kautsar, dari Tanah Suci

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.