Sukses

Kemenag Apresiasi Jemaah Haji Asal Solo Konsisten Pakai Ihram dari Tanah Air

Jemaah calon haji asal Solo merupakan satu-satunya embarkasi yang seluruhnya telah berihram saat tiba di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu poin penting dalam surat edaran yang dikeluarkan Kementerian Agama bernomor B 3-004/FT.II.I/1/Hj.01/07/2018 adalah agar seluruh jemaah calon haji yang berangkat pada gelombang II melaksanakan mandi sunnah dan memakai kain ihram sejak dari embarkasi.

Direktur Bina Haji Kemenag RI Khoirizi H Dasir mengingatkan, edaran yang diterima Media Center Haji (MCH) pada Selasa 31 Juli 2018 itu disampaikan demi kelancaran pergerakan jemaah setibanya di Bandara Jeddah.

Namun, berdasarkan pantauan Media Center Haji (MCH) Daerah Kerja (Daker) Bandara, memang masih banyak dijumpai jemaah gelombang II belum berihram.

"Bukan hanya sebagian yang tidak berihram dalam satu kloter, bahkan beberapa kloter yang tiba tampak masih berbatik haji," ujar Kepala Daker Bandara Arsyad Hidayat melalui Kasi MCH Abdul Basyir, seperti dilansir dari laman www.kemenag.go.id, Selasa (1/8/2018).

Namun dari sekian banyak yang belum berihram, penghargaan perlu disampaikan kepada Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo.

"Bukan tanpa sebab, apresiasi ini diberikan atas kepatuhannya menjalankan imbauan agar jemaah haji berihram sejak dari embarkasi," kata Basyir.

Menurutnya, paling tidak, jemaah calon haji asal Solo merupakan satu-satunya embarkasi yang seluruh jemaahnya telah berihram saat tiba di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

"Seperti SOC-44 yang tiba di Bandara Jeddah pada Senin 30 Juli pukul 18.30 WAS, sebanyak 165 jemaah laki-laki Embarkasi Solo nampak seluruhnya telah berpakaian ihram," terang Basyir.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Paling Konsisten Pakai Ihram

Baasyir menjelaskan, sebanyak 195 jemaah perempuan juga sudah siap dengan pakaian muslimah berwarna putih. Saat keluar bandara melalui Gate B terminal haji Bandara Jeddah, jemaah bisa langsung didorong memasuki bus.

"Mereka kemudian langsung membaca niat ihram sebelum bertolak ke Makkah untuk melaksanakan umrah," tandas Basyir.

Menurut salah satu jemaah calon haji, petugas PPIH Solo telah memintanya untuk mengenakan kain ihram sejak dari embarkasi .

Untuk diketahui, jemaah calon haji asal Solo paling konsisten, seperti terakhir SOC-46 yang tiba Selasa siang juga seluruhnya telah berihram. Sayangnya, yang dilakukan jemaah kloter tersebut belum sepenuhnya dicontoh jemaah kloter lain.

Terkait hal tersebut, berbagai pihak telah meminta petugas di berbagai embarkasi di Tanah Air mendorong anjuran berpakaian ihram di Tanah Air.

"Dimohon kepada seluruh Kepala Kankemenag Kabupaten/Kota mengimbau kepada seluruh jemaah gelombang II untuk dapat melakukan mandi sunah ihram dan menggunakan kain ihram di embarkasi keberangkatan," tegas Direktur Bina Haji Khoirizi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.