Sukses

Mulai Beroperasi, Bus Salawat Siap Layani Jemaah Calon Haji di Makkah

Ada 12 rute bus salawat yang menjangkau setiap pemondokan jemaah.

Liputan6.com, Jakarta - Kabid Transportasi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Subkhan Cholid mengatakan, bus salawat sebagai kendaraan pengangkut jemaah Indonesia rute hotel-Masjidil Haram pulang pergi mulai beroperasi. Ada 12 rute bus yang menjangkau setiap pemondokan jemaah.

"Bus salawat seluruh rute sudah mulai beroperasi, menyesuaikan lintasan tempat hotel jamaah menginap," ujar Subkhan di Mekkah, seperti dilansir Antara, Selasa (31/7/2018).

Menurutnya, pengoperasian bus salawat di Mekkah dilakukan secara berangsur-angsur seiring pergerakan jemaah calon haji (JCH) gelombang pertama dari Madinah ke Mekkah.

Sebanyak 200 kloter atau 81.618 orang yang terdiri dari 80.618 JCH dan 1.000 petugas telah berada di Tanah Suci baik itu di Mekkah, Madinah, termasuk Jeddah. Dari keseluruhan itu, sebanyak 20.454 orang telah berada di Mekkah per Minggu pagi waktu setempat.

"Cara operasi bus salawat, (bus) akan datang menjemput jemaah di halte yang dekat dengan hotel jemaah dan menghampiri setiap lima menit. Bus tersebut beroperasi 24 jam sehari sehingga memudahkan jamaah untuk melaksanakan ibadah, termasuk shalat lima waktu di Masjidil Haram," ucapnya.

Subkhan mengatakan, dengan sistem 24 jam tersebut, membuat jemaah calon haji tidak perlu khawatir tidak kebagian bus salawat sehingga bisa beribadah dengan tenang.

"Bahkan jika hanya satu orang yang menunggu di halte akan diantar sampai Masjidil Haram," kata Subkhan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

12 Rute Bus Salawat

Subkhan menyebut, PPIH telah menyiapkan 394 bus salawat, termasuk 22 bus cadangan yang melewati 12 rute. Adapun 12 rute itu melewati setiap pemondokan dengan berhenti di terminal dekat dengan Masjidil Haram seperti Bab Ali, Jiad, dan Syib Amir. Selain itu, terdapat rute dengan tujuan di terminal tempat ritual lempar batu atau Jamarat.

Berikut 12 rute bus sawalat di kawasan Mekkah.

1. Rute 1 Aziziah Janubiah-Jamarat

2. Rute 2 Aziziah Syimaliah 1-Jamarat

3. Rute 3 Aziziah Syimaliah 2-Jamarat

4. Rute 4 Jamarat-Mahbas Jin-Bab Ali

5. Rute 5 Syisyah-Syib Amir

6. Rute 6 Syisyah Raudhah-Syib Amir

7. Rute 7 Syisyah 1-Syib Amir

8. Rute 8 Syisyah 2-Syib Amir

9. Rute 9 Raudhah-Syib Amir

10. Rute 10 Biban Jarwal-Syib Amir

11. Rute 11 Misfallah Nakkasah-Jiad

12. Rute 12: Rea Bakhsy-Jiad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.