Sukses

Semua Calon Haji Gelombang I Sudah Tiba di Arab Saudi

Sebanyak 443 calon haji asal kloter Palembang itu tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdulaziz sekitar pukul 01.54 waktu Arab Saudi.

Liputan6.com, Jakarta - Gelombang pertama pemberangkatan calon haji Indonesia ditutup dengan kedatangan kelompok terbang atau kloter PLM-09. Sebanyak 443 calon haji asal kloter Palembang itu tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdulaziz sekitar pukul 01.54 waktu setempat atau lebih cepat dari jadwal semula pukul 02.30 waktu Arab Saudi (WAS).

"Alhamdulillah sampai terakhir kloter PLM-09, berjalan dengan lancar tidak ada kendala satupun," ujar Sekretaris Daker Bandara, Abdillah di Bandara AMA, Senin (30/7/2018).

Ketua rombongan calon haji asal Palembang Piter Abdullah bersyukur ketika tiba di Tanah Suci. Tetapi, dia mempertanyakan proses biometrik yang masih diberlakukan.

"Alhamdulillah begitu kemudahan yang kami terima, namun masih ada biometrik," kata Piter.

Soal pemeriksaan biometri itu, Abdillah mengatakan, proses perekaman merupakan verifikasi yang diberlakukan pihak imigrasi Saudi. Meski pengambilan data sidik jari masih diberlakukan, kata dia, proses yang ditempuh tak lama.

"Empat jari langsung jalan," jelas Abdilah.

Hingga 30 Juli 2018, sebanyak 87.863 jemaah dari 218 kloter tiba di Madinah. Usai kedatangan kloter PLM 09, proses kedatangan jemaah haji akan berpindah di Bandara King Abdulaziz, Jeddah. Kedatangan perdana kloter JKG-30 pada sekitar pukul 05.00 WAS menandai operasional calon haji gelombang kedua.

 

Laporan jurnalis Dream, Maulana Kautsar, dari Tanah Suci

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.