Sukses

AP II Telah Layani Penerbangan 11 Ribu Calon Haji

Angkasa Pura II akan menerbangkan jemaah calon haji dengan total 170 kloter dari 5 embarkasi.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah bandara di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura II (Persero) mulai melayani penerbangan keberangkatan jamaah calon haji asal Indonesia menuju Tanah Suci. Penerbangan telah dilakukan sejak 17 Juli 2018.

Adapun bandara-bandara Angkasa Pura II yang menjadi embarkasi haji tahun 2018 adalah Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK), Bandara Internasional Minangkabau (PDG), Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II (PLM), Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (BTJ) serta Bandara Internasional Kualanamu (KNO).

"Selama periode 17 hingga 22 Juli, kami telah melayani sebanyak 36 kloter dengan total sebanyak 11.448 calon haji melalui 6 bandara AP II yang menjadi embarkasi haji," ujar Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin di Jakarta, Selasa (24/7/2018).

Angkasa Pura II akan menerbangkan jemaah calon haji dengan total 170 kloter dari 5 embarkasi. Jumlah masing-masing kloter dari Jakarta (CGK) sejumlah 101 kloter, Padang (PDG) sejumlah 16 kloter, Palembang (PLM) akan menerbangkan 19 kloter, Aceh (BTJ) sebanyak 12 kloter, serta embarkasi Medan (KNO).

Pada musim haji 2018 ini, terdapat fasilitas baru keimigrasian bagi jemaah calon haji di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Yakni pemerintah Arab Saudi di counter pre-clearence imigration melakukan verifikasi data dan stempel visa sejak di Bandara Soekarno-Hatta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Permudah Calon Haji

Hal tersebut akan mempermudah calon haji asal Indonesia yang tidak perlu lagi melakukan immigration clearance ketika masuk Arab Saudi. Verifikasi data dan stempel visa ini ini berlokasi di holding room area kedatangan Sub Terminal 2 E.

"PT Angkasa Pura II (Persero) terus berupaya agar pelaksanaan angkutan haji berjalan lancar. Seluruh fasilitas yang ada di bandara AP II telah disiapkan dalam menyambut penyelenggaraan haji tahun ini. Kami berharap para jamaah dapat melaksanakan ibadahnya dengan lancar, aman, serta nyaman," pungkas Awaludiin.

Bagi calon haji atau keluarga yang memiliki pertanyaan atau keluhan terkait dengan pelayanan di bandara milik AP II yang menjadi embarkasi serta debarkasi angkutan haji, dapat menyampaikannya melalui contact center 138.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.