Sukses

Pesan Kemenkes bagi Calon Jemaah Haji dengan Penyakit Jantung

Eka mengingatkan kepada calon jemaah haji dengan riwayat penyakit jantung agar membatasi aktivitas saat nanti di Tanah Suci.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan RI, Eka Jusup Singka, mengatakan salah satu penyakit yang sering mendera jemaah haji adalah jantung. Oleh karena itu, dia menyarankan agar calon jemaah haji menjaga kebugaran tubuh sebelum berangkat ke Tanah Suci.

Agar fit selama berhaji, Eka mengingatkan calon jemaah haji untuk memeriksa kesehatan sebelum berangkat. Dengan begitu, bisa diketahui kondisi kesehatan calon anggota jemaah haji. 

Eka juga menyarankan calon jemaah haji untuk banyak berjalan kaki selama di Tanah Air, mengingat banyak aktivitas di Tanah Suci dilakukan dengan berjalan kaki.

“Saat ini yang penting adalah banyak istirahat, banyak makan buah-buahan, dan latihan fisik yang disiapkan sejak di Tanah Air, serta setop merokok,” pesan Eka saat di Asrama Haji Pondok Gede ditulis Selasa (5/6/2018).

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Batasi aktivitas saat di Tanah Suci

Eka juga mengingatkan kepada calon jemaah haji dengan riwayat penyakit jantung untuk membatasi aktivitas saat nanti di Tanah Suci.

“Batasi aktivitas, tapi bukan aktivitas ibadah. Kalau capek, istirahat. Kalau ingin ke masjid jangan lupa sarapan. Ini tips sederhana, tapi bisa membuat jemaah sehat,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.