Sukses

Jemaah Haji Indonesia Kloter Pertama Pulang ke Tanah Air Malam Ini

Jemaah haji Indonesia gelombang pertama akan segera pulang ke Tanah Air.

Liputan6.com, Mekah - Situasi lengang mulai terlihat di Masjidil Haram seiring selesainya rangkaian ibadah haji sejak Senin, 4 September. Seperti ditayangkan Liputan6 Petang SCTV, Selasa (5/9/2017), meski demikian, masih ada sebagian jemaah asal Indonesia yang baru melaksanakan tawaf wada atau tawaf perpisahan sebelum meninggalkan Kota Mekah.

Pada Rabu, 6 September, 11 kloter jemaah asal Indonesia akan diberangkatkan menuju Tanah Air dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah. Proses kepulangan akan dimulai tengah malam nanti.

Penerbangan pertama ke Indonesia dijadwalkan pada pukul 11 waktu Arab Saudi atau sekitar pukul 3 sore waktu Indonesia Barat, yakni jemaah kloter 1 embarkasi Medan. Kemudian berturut-turut diikuti kloter pertama dari Jakarta Pondok Gede, Solo, Padang, dan Makassar.

Sementara, enam kloter berikutnya diterbangkan dari Jeddah pada Jumat dini hari, yakni kloter 2 dan 3 asal Solo, kloter 1 Jakarta-Bekasi, kloter 4 Solo, kloter 2 Jakarta-Bekasi, dan kloter 1 Balikpapan.

Dengan waktu tempuh penerbangan selama sembilan jam, maka jemaah haji akan tiba di Indonesia pada Rabu tengah malam atau Kamis dini hari.