Sukses

Dubes Inggris untuk Saudi Ucapkan Kalimat Syahadat dan Naik Haji

Dubes Collis mengunggah foto dirinya bersama sang istri, Huda al-Mujarkech, dalam balutan pakaian putih ihram di laman Twitter-nya.

Liputan6.com, Riyadh - Duta Besar Inggris untuk Arab Saudi dilaporkan telah mengucapkan kalimat syahadat.

Simon Collis, seperti dikutip dari berbagai sumber pada Kamis (15/9/2016), memutuskan untuk menjadi seorang muslim setelah hidup berdampingan dengan komunitas tersebut selama 30 tahun.

Tidak hanya menjadi muslim, ayah lima anak itu juga telah menunaikan ibadah haji yang merupakan salah satu rukun Islam.

Collis mengunggah foto dirinya bersama sang istri, Huda al-Mujarkech, dalam balutan kain putih ihram di laman Twitter miliknya.

Setelah menunaikan ibadah di Tanah Suci, pria 60 tahun tersebut menjadi Dubes Inggris pertama dalam sejarah yang bergelar haji.

"Aku memutuskan untuk mengucapkan syahadat setelah 30 tahun hidup di komunitas Islam dan sebelum menikahi Huda," tulis Dubes Inggris itu dalam akun Twitter-nya.

Menurut laporan, Collis mengucap syahadat pada 2011, jelang menikahi sang istri, Huda. Namun tidak banyak yang mengetahui hal tersebut, hingga fotonya sedang menunaikan ibadah haji tersebar.

Sang dubes juga mengatakan dia tidak akan mengubah namanya. Dia akan tetap menggunakan panggilannya yang sekarang.

Sebelum menjabat menjadi Dubes di Arab, Collis sebelumnya menjadi utusan Inggris di Suriah pada 2007 hingga 2012 -- ketika hubungan diplomatis Inggris dengan Presiden Bashar al-Assad berakhir.

Setelah tidak lagi menjabat di Damaskus, Collis mengabdi sebagai Dubes Inggris untuk Irak hingga 2014. Pada Januari 2015 dia pindah ke Riyadh, Arab Saudi.

Dubes Collis menjadi salah satu dari sekitar 19 ribu warga muslim Inggris yang menunaikan haji tahun ini. Pelaksanaan ibadah itu dilakukan setiap tahunnya (bagi yang mampu) pada hari ke-10 di bulan Zulhijah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.