Sukses

Menteri Agama: Lontar Jumrah Hari Pertama Lancar

Evaluasi di Padang Arafah, lanjut Menteri Lukman, juga terbilang lancar.

Liputan6.com, Mekah - Prosesi lontar jumrah Aqabah di Mina pada Senin 12 September 2016 berlangsung lancar. Ini berkat ketaatan jemaah terhadap aturan lontar yang telah ditetapkan.

"Alhamdulillah ini termasuk lancar. Ini hari pertama jemaah haji Indonesia menuju jamarat untuk melontar jumrah aqabah dan sejauh yang saya lihat nampaknya ini lancar, karena arusnya berjalan sebagaimana kondisi normal," ujar Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin di Mekah, Selasa (13/9/2016).

Ia berharap, proses itu tetap akan berjalan pada hari-hari berikutnya. Yaitu pada 11, 12, dan 13 Dzulhijah 1437 H.

"Sehingga seluruh proses lontar jumrah selama jemaah berada di Mina ini berlangsung sebagaimana harapan," harap dia.

Sedangkan evaluasi di Padang Arafah, lanjut Menteri Lukman, juga terbilang lancar. Meski ada sedikit kendala sesaat.

"Misal ada sejumlah tenda yang padam lampu hanya beberapa saat dan bisa langsung diatasi kembali. Tapi secara keseluruhan, Alhamdulillah selama jemaah mengadakan wukuf di Arafah itu berlangsung lancar," terang dia.

Termasuk juga perjalanan dari Arafah menuju Muzdalifah. Meski ada ketersendatan transportasi, kondisi itu dianggapnya wajar karena lalu lintas yang padat.

"Ada ketersendatan tapi itu sesuatu yang sangat bisa ditolerir karena memang kondisi kemacetan lalu lintas," ucap Menteri Lukman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini