Sukses

[VIDEO] Indahnya Aurora Borealis di Langit Norwegia

Cahaya berpendar indah di langit atau yang dikenal dengan Aurora Borealis, hanya bisa dilihat di kawasan Kota Trondheimsfjord, Norwegia.

Cahaya utara berpendar indah di atas langit atau yang dikenal dengan nama Aurora Borealis. Fenomena ini hanya bisa dilihat di kawasan yang berada dekat dengan kutub, baik kutub utara maupun selatan.

Salah satu kawasan tersebut ialah Kota Trondheimsfjord di Norwegia. Sabtu, 22 februari lalu penampakan Aurora Borealis menjadi hiburan tersendiri bagi warga sekitar.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Rabu (26/2/2014), kehadiran Aurora Borealis ini tak dilewatkan oleh Oyvind Schel, seorang fotografer yang langsung mengabadikannya. Tak biasanya cahaya utara ini bisa terlihat jauh hingga ke kota selatan Norwegia, seperti Trondheimsfjord.

Statistik dewan wisata Norwegia menunjukan fenomena cahaya utara menarik banyak wisatawan ke negeri ini, terutama ke wilayah Norwegia Utara, yang lebih dekat dengan kutub utara, dimana cahaya utara atau Aurora Borealis kerap terlihat sangat terang dan jelas.

Dalam penjelasan ilmiah, Aurora Borealis terjadi ketika partikel ledakan matahari menghantam medan magnetik bumi. Saat partikel matahari bergerak ke kutub dan berinteraksi dengan lapisan atas atmosfir, terbentuklah cahaya hijau yang bergerak gemulai bak pertunjukan magis.

Dalam pandangan manusia bisa digambarkan dengan 1 kata saja yaitu "menakjubkan". (Dan/Eks)

Baca juga:
[VIDEO] Megahnya Kembang Api di Upacara Penutupan Olimpiade Rusia
[VIDEO] Berlayar dengan Perahu Gondola di Kota Romantis Venesia
[VIDEO] Indahnya Panorama `Kampung Laskar Pelangi`

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini