Tabrakan Beruntun 50 Mobil, 100 Kendaraan Terjebak di Tol

Oleh Tan pada 15 Feb 2014, 04:30 WIB
Diperbarui 15 Feb 2014, 04:30 WIB
kecelakaan-amerika-140214d.jpg
Perbesar
Jalanan tol di Pennsylvania seketika berubah menjadi tempat parkir dadakan, setelah 100 kendaraan terlibat dalam kecelakaan tabrakan beruntun 50 mobil yang terjadi pada Jumat pagi 14 Februari waktu setempat. Jalanan menuju jalur tersebut pun terpaksa ditutup oleh polisi untuk sementara waktu.

"Bentangan jalan 8 mil I- 276 antara jalur keluar 343 dan 353  telah ditutup sementara, ketika pejabat mencoba mencarikan solusi akibat kecelakaan pagi itu," kata polisi seperti dimuat NY Daily yang dikutip Liputan6.com, Sabtu (15/2/2014).

"Akibat kecelakaan itu, sekitar 30 orang dilarikan ke rumah sakit daerah setempat. Semuanya diperkirakan bisa bertahan hidup," ungkap Bill Capone, pihak berwenang jalan tol Pennsylvania.

Sementara seluruh korban kini sudah dilarikan ke rumah sakit terdekat.

"Sejauh ini, Rumah Sakit Memorial Abington menerima 16 pasien, lima di antaranya menderita luka serius tapi tak membahayakan jiwa luka," ungkap juru bicara rumah sakit Cindy Taing kepada Daily News.

Lalu St Mary Medical Center menerima 7 orang. 3 Pasien telah mendapatkan perawatan ketika dalam perjalanan ke Rumah Sakit Doylestown. Semuanya masih bisa bertahan hidup.

"Kami tentu beruntung tidak ada korban jiwa (meninggal)," tutur Adam Reed dari Kepolisian Negara Pennsylvania.

Penyidik ​​masih berusaha untuk mengumpulkan bukti-bukti pemicu kecelakaan itu.

"Polisi di tempat kejadian percaya bahwa kondisi es dan silaunya cahaya matahari yang memantul, merupakan faktor utama penyebab kecelakaan," ucap Reed.

"Kondisi jalan yang menipu. Ini bisa menjadi sesuatu yang sederhana, seperti seseorang melambat dan lalu lintas lainnya tidak bisa berhenti pada waktunya. Itu bisa mengakibatkan sesuatu seperti ini," beber reed.

Akibat tabrakan beruntun itu, kemacetan pun terjadi sepanjang 5 mil. Kemacetan yng melibatkan 100 kendaraan parkir tiba-tiba itu, disebabkan oleh dua kecelakaan terpisah yang terjadi selang dua mil. "Masing-masing kecelakaan melibatkan 25 kendaraan masing-masing," jelas Capone.

Dekat pintu keluar 351 di Bensalem, trailer traktor dan kendaraan bertabraka, menciptakan malapetaka di jam sibuk pagi. Lalu pemandangan menakutkan mirip mobil jatuh terjadi di dekat pintu keluar 348.



Truk, SUV dan mobil tersebar begitu saja di seluruh badan jalan tol, karena pengendara membanting setir untuk menghindari kecelakaan.

"Anda mencoba memutar balik kendaraan. Jadi kami memiliki beberapa kendaraan keluar dari jalan raya," tutur Capone.

Petugas pun berharap seluruh kendaraan yang terjebak maupun yang mengalami kecelakaan, bisa diselesaikan sebelum jam sibuk sore tiba.

"Aku benar-benar kaget. Ya Tuhan! Tidak ada kata-kata lain yang bisa diungkapkan," aku Maria Schoeler yang terjebak tepat di belakang kecelakaan beruntun itu. "Ini sangat gila," tambahnya.

Salah satu wanita, Lisa Terreri mengaku menginjak rem saat melihat tabrakan di depannya dan akhirnya terjepit di antara dua kelompok mobil jatuh.

"Kita bisa melihat bahwa jalan dilapisi es," kata Terreri kepada NBC Philadelphia.

"Aku di jalan tol dan itu hanyalah es. Aku sangat terkejut melihat kondisi itu. Biasanya jalan tol merupakan salah satu jalan pertama yang dibersihkan, tapi hari ini saya mengendarai mobil di atas es yang begitu solid," jelas David Hill, pria berusia 27 yang hendak berangkat kerja saat kecelakaan itu terjadi.

Total jumlah kecelakaan mendekati 100 kendaraan, karena kendaraan terjebak evakuasi kendaraan yang terlibat kecelakaan. (Tnt/Mhs)

Baca juga:

Cegah Kecelakaan, Abu Gunung Kelud di Jalan Solo Dibersihkan

Mukjizat! Korban Selamat Kecelakaan Pesawat Aljazair Cuma Cedera

6 Mobil Terlibat Kecelakaan Beruntun di Tol Tomang