Sukses

Ini Tokoh Dunia yang Berpengaruh di Facebook

Sebuah lembaga riset statistik dan monitoring asal Republik Ceko, socialbakers.com merilis hasil riset terbarunya.

Sebuah lembaga riset statistik dan monitoring asal Republik Ceko yang bermarkas di kota Praha, socialbakers.com merilis hasil riset terbarunya terhadap dukungan pengguna media sosial facebook terhadap para politisi di dunia.

Sesuai hasilnya, pemantauan socialbakers. com per-tanggal 20 Januari 2014 menunjukkan, posisi pertama diduduki Presiden AS Barack Obama dengan 38,5 juta pendukung, di susul mantan Capres AS Mitt Romney (11,3 juta pendukung). Posisi ketiga diduduki calon Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi (8,3 juta pendukung), di bawahnya mantan Cawapres AS Paul Ryan (4,9 juta pendukung).

Kelima ditempati Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto (4 juta pendukung). Di bawah Prabowo adalah Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto (3,9 juta pendukung), calon PM India Arvind Kejriwal (3,8 juta pendukung), Presiden Filipina Noynoy Aquino (3,6 juta pendukung), mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela (3,4 juta pendukung), PM Turki Recep Tayyip Erdoan (3,1 juta pendukung).

"Dengan 4 juta pendukung di facebook, Prabowo sudah masuk lima besar politisi dunia dengan jumlah pendukung terbesar di dunia versi socialbakers.com," ujar koordinator media center Prabowo Subianto, Budi Purnomo Karjodihardjo dalam pesan singkatnya kepada Liputan6.com di Jakarta, Kamis (23/1/2014).

Menurut Budi, dukungan besar yang diberikan para pengguna facebook sebagai media sosial terpopuler di dunia membuktikan kalau sebagian rakyat Indonesia sedang mengharapkan seorang pemimpin yang tegas, cerdas, bersih, dan berwibawa. "Hal ini diekspresikan dengan memberikan dukungannya melalui facebook itu kepada Prabowo," ungkap Budi.

Budi menjelaskan, Prabowo telah menjadi pengguna Facebook untuk berkomunikasi dengan pendukungnya sejak 5 tahun lalu. Karenanya, sejak awal 2013 lalu Prabowo menjadi politisi Indonesia pertama yang facebook-nya mendapatkan verifikasi oleh managemen facebook.com. "Prabowo juga aktif di twitter dengan nama @ Prabowo08," imbuhnya.

Ia menambahkan, dukungan terhadap Partai Gerindra juga dapat terlihat nyata di facebook. Sebab sejak pertengahan 2013, partai berlambang kepala rajawali itu menempati posisi puncak sebagi parpol dengan pendukung ter besar di media sosial buatan Mark Zuckerberg tersebut. "Gerindra juga merupakan parpol dengan follower terbesar di Indonesia,” pungkasnya.

Selain Prabowo di posisi kelima, Socialbakers. com hanya mencatat dua politisi Indonesia lain di daftar 50 pemimpin dunia dengan pengikut Facebook terbanyak, yaitu Presiden SBY di peringkat 23 dengan 1,7 juta pendukung, dan Gita Wiryawan di peringkat 43 dengan 1,1 juta pendukung. (Adm/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.