Sukses

Tak Ada WNI Korban Bom Bunuh Diri `Janda Hitam` di Rusia

KBRI di Moskow memastikan tidak ada WNI yang menjadi korban dalam ledakan di stasiun kereta api Kota Volgograd.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Moskow memastikan tidak ada warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban dalam ledakan di stasiun kereta api Kota Volgograd, Rusia, Minggu 29 Desember 2013.

"KBRI Moskow telah menghubungi para mahasiswa dan WNI di Volgograd dan semua dalam keadaan selamat. Tidak ada yang menjadi korban dalam ledakan tersebut," demikian pernyataan KBRI Moskow, Senin (30/12/2013).

Ledakan yang diduga bom itu terjadi di dekat metal detector pintu masuk stasiun Volgograd, pada Minggu siang sekitar pukul 12.45 waktu setempat.

Juru bicara tim penyelidik kepolisian, Vladimir Markin menyatakan, korban tewas akibat ledakan mencapai 16 orang. Sementara 30 orang lainnya luka-luka.

Seorang wanita 'janda hitam' disebut sebagai orang yang meledakkan bom bunuh diri, dan penyelidikan sementara menyebut wanita tersebut diidentifikasi sebagai Oksana Aslova dari Republik Dagestan, Rusia.

Ledakan ini merupakan ledakan kedua di Volgograd setelah ledakan bom di sebuah bus pada akhir Oktober 2013 lalu, yang juga dilakukan oleh seorang wanita asal Republik Dagestan.

Presiden Putin memerintahkan aparat keamanan terkait untuk melakukan penyelidikan atas ledakan tersebut. Pengamanan terhadap stasiun KA dan bandara di seluruh Rusia juga diperketat.

Pembom bunuh diri perempuan sering disebut di Rusia sebagai 'janda hitam' - wanita yang berusaha untuk membalas kematian anggota keluarga mereka dalam pertempuran dengan menargetkan warga sipil Rusia.

Wanita yang melakukan pemboman bunuh diri telah berulang kali menyerang sasaran Rusia selama 14 tahun pemerintahan Putin. Sebelumnya juga telah ada 2 wanita dapat membuat ledakan pada sepasang stasiun metro Moskow pada Maret 2010, menewaskan lebih dari 35 orang.

'Janda hitam' itu juga dilaporkan bertanggung jawab atas pembunuhan lebih dari 90 orang ketika mereka mengambil dua jet penumpang yang lepas landas dari bandara Moskow dalam beberapa menit satu sama lain pada 2004. (Ant/Riz/Yus)

Baca juga:

Black Widow `Makan` 16 Nyawa di Stasiun Rusia, Keamanan Ketat
Black Widow Serang Stasiun Kereta di Rusia, 13 Orang Tewas
`Janda Hitam` Beraksi! Ledakkan Diri di Tengah Polisi Rusia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini