Sukses

Diguncang Gempa 5,6 SR, Pakistan Hanya Alami Rusak Ringan

Gempa berkekuatan 5,6 skala Richter menggucang Pakistan selatan pada Jumat pagi.

Gempa berkekuatan 5,6 skala Richter menggucang Pakistan selatan pada Jumat pagi. Gempa tersebut merupakan gempa dangkal.

"Gempa terjadi pada pukul 12.28 waktu setempat, pada kedalaman yang relatif dangkal. Sedalam 5 kilometer di 32 kilometer sebelah barat dari Warah sebuah Provinsi Sindh," ujar seismolog US Geological Survey (USGS) seperti dikutip Liputan6.com dari New Straitstimes, Jumat (20/12/2013).

Menurut penilaian awal USGS, guncangan gempa itu kemungkinan kecil menimbulkan korban dan kerusakan.
 
Sebelumnya pada 8 Oktober 2005, Pakistan pernah dilanda gempa berkekuatan 7,6 skala Richter yang menewaskan lebih dari 73 ribu orang. Guncangan tersebut juga menyebabkan sekitar 3,5 juta tunawisma, terutama di Pakistan-Kashmir dan Khyber Pakhtunkhwa.
 
Gempa 7,7 SR pada September lalu di Awaran, sebuah provinsi di barat daya Baluchistan juga menghancurkan daerah sekitarnya. Gempa juga menewaskan sedikitnya 376 orang, dan membuat 100 ribu orang kehilangan tempat tinggal.

Pasca-gempa, warga kota Pelabuhan Gwadar juga dikejutkan dengan munculnya sebuah pulau kecil di lepas Pantai Gwadar. Fenomena alam ini menyedot perhatian warga. Bahkan ada warga yang langsung menuju pulau baru itu.

Diperkirakan pulau baru itu berukuran 200 x 100 meter, dengan tinggi sekitar 20 meter. Pulau itu kemungkinan perlahan akan hilang akibat erosi, seperti fenomena munculnya pulau baru akibat gempa di dekat Karachi tahun 1945. Yang akhirnya hilang dalam beberapa minggu. (Tnt/Mut)

Baca juga:
[VIDEO] Pulau Kecil Muncul Setelah Gempa Pakistan
[VIDEO] Gempa Telan 328 Jiwa, Pakistan Kerahkan Tentara
Menguak Misteri Pulau yang Mucul Setelah Gempa Pakistan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Karachi merupakan kota terbesar dan terpadat di Pakistan
    Karachi merupakan kota terbesar dan terpadat di Pakistan

    Karachi

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Pakistan

Video Terkini