Sukses

Upacara Pemakaman Dimulai, Ribuan Pelayat Lepas Mandela

Upacara kenegaraan digelar dalam tenda berukuran besar yang dibangun khusus.

Upacara pemakaman mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela tengah berlangsung di kampung halamannya, Qunu.  Ribuan pelayat hadir untuk melepas kepergiannya. Jenazah Mandela diterbangkan ke Qunu menggunakan pesawat Hercules C130.

Dilansir bbc.co.uk, Minggu (15/12/2013), dalam upacara itu, pemimpin dan politisi senior Afrika Selatan dan para tamu negara hadir. Upacara kenegaraan digelar dalam tenda berukuran besar yang dibangun khusus.

Di dalam tenda, potret Nelson Mandela berukuran besar dipasang di atas panggung serta terdapat puluhan lilin berukuran besar.

Setelah lagu kebangsaan Afrika Selatan dinyanyikan, juru bicara keluarga, Matanzima, memberikan sambutan yang isinya antara lain ucapan terima kasih keluarga Mandela kepada tim medis yang merawat mendiang sebelum meninggal.

Kemudian Ahmed Kathrada, yang dikenal sebagai teman perjuangan Mandela selama dipenjara oleh rezim Apartheid dalam sambutan yang penuh emosi mengatakan: "Selamat jalan saudaraku, mentorku, dan pemimpinku."

Di antara para undangan dan pelayat, terdapat para pimpinan Kongres Nasional Afrika, veteran aktivis yang dulu berjuang bersama melawan apartheid, serta sejumlah tamu negara sahabat.

Terlihat pula Uskup Agung Desmond Tutu, yang dikenal sebagai teman lama Nelson Mandela, serta pembawa acara asal AS Oprah Winfrey di antara para pelayat.

Nelson Mandela, tokoh antiapartheid yang dikenal sebagai Presiden Afrika Selatan berkulit hitam pertama, wafat pada 5 Desember lalu.(Ali)

Baca juga: [VIDEO] Jenazah Nelson Mandela Tiba di Kampung Halaman
Baca juga: VIDEO] Ratusan Ribu Warga Afsel Antre Melihat Jenazah Mandela

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini