Sukses

Bahaya, Truk Berisi Limbah Radioaktif Berbahaya Dicuri di Meksiko

Kepolisian setempat telah memperingatkan publik soal potensi bahaya zat radioaktif Cobalt-60.

Sebuah truk yang membawa limbah material radioaktif medis dicuri di Meksiko. Demikian diungkap badan pengawas nuklir PBB.

Meksiko melapor pada Badan Energi Atom Internasional (IAEA) bahwa truk yang dicuri Senin lalu membawa 'bahan radioaktif berbahaya" yang digunakan dalam perawatan kanker.

Seperti dikabarkan BBC, Rabu (4/12/2013), bahan radioaktif tersebut raib dalam perjalanan dari rumah sakit ke fasilitas pengolahan limbah, di dekat ibukota Mexico City.

Komisi Keamanan Nuklir Meksiko mengatakan, saat pencurian terjadi, bahan teleterapi Cobalt-60 dalam kondisi 'terlindung rapat'.

Namun, komisi memperingatkan, bakal berbahaya jika seseorang  melepas pelindungnya. Atau jika pelindung itu rusak.

Sementara, media setempat melaporkan, truk Volkswagen Worker berkapasitas 2,5 ton dicuri di sebuah pom bensin di Tepojaco, pinggiran Mexico City, Senin 2 Desember pagi.

Kepolisian Meksiko saat ini masih mencari keberadaan truk dan isinya. Aparat juga telah mengeluarkan rilis untuk memperingatkan publik soal potensi bahaya zat radioaktif di dalamnya. (Ein/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini