Sukses

480 WNI Overstayer Dipulangkan ke Indonesia

Upaya pemulangan WNI yang melebihi izin masa tinggalnya (overstay) di Arab Saudi masih berlangsung.

Upaya pemulangan warga negara Indonesia (WNI) yang melebihi izin masa tinggalnya (overstay) di Arab Saudi masih berlangsung. Pemerintah RI melalui Kementerian Luar Negeri terus melakukan upaya pemulangan mereka secara bertahap.

"Terhitung pada tanggal 3 Desember 2013, pihak Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) telah memulangkan 480 WNI kloter 3, dengan menggunakan pesawat khusus Saudi Arabia Airlines," demikian keterangan dari pers Konsulat Jenderal (Konjen) RI Jeddah, Arab Saudi, Rabu (4/12/2013).

Dari 480 WNI yang dipulangkan tersebut, terdiri dari 288 perempuan dewasa, 103 laki-laki dewasa dan 89 anak-anak.

Dengan dipulangkannya kloter 3 WNI overstayer tersebut, jumlah keseluruhan WNI overstayer yang telah dipulangkan ke Indonesia terhitung sebanyak 5.495 orang. Dari jumlah tersebut, WNI yang telah dipulangkan oleh Pemerintah Indonesia berjumlah 2.452 orang.
    
Sedangkan dari hasil pendataan manual di tiap-tiap ruangan penampungan yang dihuni oleh WNI Overstayer di Penampungan Imigrasi Shumaysi, saat ini terdapat 5.279 WNI Overstayer yang masih tersisa di Penampungan Imigrasi tersebut.

"Dengan rincian 2.801 perempuan dewasa, 1.878 laki-laki dewasa dan 600 anak-anak," jelas pihak KBRI Jeddah.

Sesuai dengan komitmen Pemerintah Arab Saudi, proses pemulangan WNI Overstayer akan terus berlanjut dengan menargetkan pemulangan seluruh WNI Overstayer yang berada di Penampungan Imigrasi Shumaysi saat ini.

Selain itu, KJRI Jeddah juga terus memberikan bantuan bagi proses pemulangan baik berupa transportasi pengangkutan WNI Overstayers dari Penampungan Imigrasi Shumaysi menuju Bandara King Abdul Aziz, konsumsi makanan, hingga bantuan tenaga staf KJRI sebanyak 10 orang di setiap pemulangan.

"Pemulangan WNI Overstayer tersebut sejalan dengan komitmen otoritas Arab Saudi, yang menyatakan terhitung sejak tanggal 1 Desember 2013, pihaknya akan menyediakan 16 pesawat khusus Saudi Arabia Airlines yang akan memulangkan WNI Overstayer yang saat ini berada di Penampungan Imigrasi Shumaysi. Dengan jumlah kurang lebih 7200 orang," beber pihak KBRI.

Sesuai dengan kebijakan yang diberlakukan oleh Pemerintah Arab Saudi, maka fokus pemulangan WNI Overstayer yang telah berjalan selama ini adalah WNI Overstayer penghuni Penampungan Imigrasi Shumaysi.

Sementara itu, saat ini pihak otoritas Arab Saudi juga telah membuka proses pemulangan secara mandiri bagi para Overstayers termasuk WNI Overstayers yang masuk ke Arab Saudi dengan menggunakan visa Umroh dan Haji. Tim KJRI Jeddah pun hingga saat ini terus melakukan pendampingan, bagi proses pemulangan para WNI Overstayer eks Haji dan Umroh. (Ant/Tnt/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.