Sukses

Pendukung Bouteflika Optimistis Memenangkan Pemilu

Pendukung Abdelaziz Bouteflika yakin betul jagoannya akan kembali terpilih sebagai Presiden Aljazair. Sekelompok pendukung Ali Benflis tidak puas dengan pemilu yang dianggap sarat kecurangan.

Liputan6.com, Aljir: Kendati penghitungan suara belum dilakukan, ribuan pendukung Abdelaziz Bouteflika mengklaim bahwa jagoannya akan kembali terpilih sebagai Presiden Aljazair. Mereka menari di jalan-jalan ibu kota Aljir, sambil melambaikan bendera nasional dari mobil serta balkon dan atap rumah. Suasana Jumat (9/4) malam, itu bertambah ramai dengan klakson mobil yang bersahut-sahutan.

Sementara itu di pusat kota, polisi antihuru-hara menggunakan gas air mata untuk membubarkan aksi unjuk rasa kecil sekelompok pendukung Ali Benflis. Mereka menyatakan ketidakpuasan atas palaksanaan pemilu yang dicurangi oleh Bouteflika. Unjuk rasa terpaksa dibubarkan karena selain dilarang di Aljazair, demonstran juga memukuli sejumlah wartawan lokal maupun asing yang meliput aksi tersebut.

Rakyat Aljazair memberikan suara mereka pada pemilihan presiden yang disebut-sebut paling demokratis. Pemilu ini dipandang sebagai titik balik menuju masa depan demokratik di negara Afrika Barat yang telah lama terluka karena perang dan intervensi militer [baca: Pemilu Aljazair Dinilai Demokratis]. Negara-negara Eropa dan Amerika Serikat memantau pemilu di Aljazair cukup serius. Sebab negara muslim ini cukup strategis dalam memerangi terorisme internasional.(TOZ/Pin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.