Sukses

Bangunan 4 Lantai di India Ambruk, 1 Penghuni Meninggal Dunia

Insiden bangunan ambruk kembali terjadi di India. Ada apakah gerangan?

Insiden bangunan ambruk kembali terjadi di India. Kali ini menimpa bangunan rumah tingal warga berlantai 4. Seseorang yang diduga salah satu penghuni bangunan yang ambruk itu pun menjadi korban.

"Setidaknya 1 orang meninggal dunia, ketika sebuah bangunan perumahan runtuh di New Delhi pada hari ini," kata pihak berwenang seperti dilasir CNN dan dimuat Liputan6.com, Rabu (9/10/2013).

Menurut keterangan dari kepala pemadam kebakaran New Delhi,  A.K. Sharma bangunan rumah 4 lantai yang terletak di bagian utara kota itu memang sudah tua. Usianya diperkirakan lebih dari 50 tahun.

"Dua orang dirawat di rumah sakit akibat mengalami cedera," tambah A.K. Sharma.

Pihak berwenang mengatakan, ambruknya bangunan diduga karena penggalian sebidang tanah yang berdampingan untuk bangunan apartemen baru. Sebab hal itu bisa melemahkan pondasi bangunan.

Pasca-evakuasi korban, penyelidikan pun segera dilakukan guna menemukan penyebab pasti ambruknya bangunan tersebut.

Bukan Pertama Kali

Bangunan ambruk adalah salah satu bencana yang banyak terjadi belakangan ini. Jadi peristiwa yang menimpa bangunan rumah 4 lantai yang ambru bukanlah yang pertama.

Sebelumnya pada 27 September, sebuah bangunan di Mumbai juga ambruk. Menewaskan sedikitnya 61 orang. Pada bulan April, puluhan orang juga tewas ketika sebuah bangunan bertingkat ilegal runtuh di Thane, sebuah kota di wilayah Mumbai.

Menurut sebuah kelompok yang memantau perumahan di India, memang banyak bangunan tua di kota yang kumuh dan diabaikan. Sementara bangunan yang baru, sering dibangun menggunakan bahan standar dan memiliki masalah struktural. Sebab permintaan untuk perumahan sangat tinggi, terutama di Mumbai. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.