Sukses

Obama Batal Hadiri KTT APEC di Bali

Rencana Presiden AS Barack Obama untuk singgah ke Asia pekan ini batal.

Rencana Presiden AS Barack Obama untuk singgah ke Asia pekan ini batal. Setelah batal mengunjungi Filipina dan Malaysia, kini giliran Indonesia (Bali) dan Brunei. Obama dipastikan batal menghadiri KTT APEC di Bali akhir  pekan ini.

"Obama membatalkan rencana kunjungannya ke Indonesia dan Brunei pada hari Kamis," kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan seperti dimuat Washington Post yang dilansir Liputan6.com, Jumat (4/10/2013).

Menurut pernyataan tersebut, Obama tak bisa meninggalkan negaranya yang kini sedang dirundung masalah shutdown atau penghentian kerja pemerintahan secara parsial, yang dipicu kegagalan Kongres menyepakati anggaran baru.

Kondisi tersebut mengharuskan sang pemimpin untuk tetap berada di Washington. Dengan keputusan itu, berarti Obama tidak akan lagi berangkat pada hari Sabtu, 5 Oktober untuk mengunjungi 4 negara di Asia Tenggara, dalam rencananya dilakukan selama sepekan.

Meskipun awalnya diberitakan dari 4 negara di Asia tenggara yang dijadwalkan, hanya 2 diantaranya dipastikan batal.

Gedung Putih mengatakan, "Secara logistik..adalah tidak mungkin", meneruskan kunjungan ke Malaysia dan Filipina. Kunjungan Barack Obama ke sejumlah negara di Asia Tenggara akhirnya tak sesuai rencana alias batal. (Tnt/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini