Sukses

[VIDEO] Ribuan Rubik Disulap Jadi Wajah Martin Luther King

Ada lebih dari 4.200 rubiks yang digunakan untuk membuat lukisan unik ini.

Media seni lukis bukan hanya kanvas. Di Amerika Serikat, seorang seniman menggunakan media yang belum pernah digunakan seniman lain sebelumnya, yaitu rubiks.

Selain berfungsi sebagai mainan, rupanya rubiks juga bisa digunakan untuk melukis. Hal ini dibuktikan oleh Pete Fecteau. Pemuda asal San Francisco, AS ini melukis potret wajah seorang tokoh pejuang hak asasi manusia Martin Luther King dari ribuan rubiks.

Dalam tayangan Liputan 6 Pagi SCTV, Minggu (15/9/2013), ada lebih dari 4.200 rubiks yang digunakan untuk membuat karyanya ini. Lukisan berjudul 'Dream Big' ini memiliki panjang 6 meter dan lebar 3 meter dengan ketebalan mencapai 6 centimeter. Dimensi itu menjadikan lukisan karya Pete sebagai lukisan rubiks terbesar di dunia. Total berat dari lukisan raksasa ini 454 kilogram.

Projek lukisan rubiks ini diselesaikan dalam waktu setahun. Sebagian besar untuk membuat pola gambar luther. Demi mewujudkan mimpi besarnya ini, Pete menghabiskan sekitar US$ 9 ribu atau sekitar Rp 100 juta.

Mulanya Pete ingin menjual lukisan ini, namun hingga sebulan lebih setelah jadi, lukisan ini tak juga laku. Maka kemudian ia pun membongkarnya kembali. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini