Sukses

Ditodong Pistol Saat Masuk Istana, Pangeran Inggris Ampuni Polisi

Pangeran Andrew dicegat dan ditodong senjata saat melintasi kebun Istana Buckingham, kediaman resmi ibunya, Ratu Elizabeth II.

Keamanan Istana Buckingham diperketat menyusul penangkapan dua orang yang diduga nekat membobol dan mencuri di kediaman resmi Ratu Inggris Elizabeth II. Namun, pengamanan superketat yang diberlakukan makan 'korban': putra Ratu sendiri, Pangeran Andrew.

Saat kejadian, pria bergelar Duke of York itu sedang melintasi kebun istana setelah menghadiri pertemuan bisnis di Piccadilly, London. Tiba-tiba dua polisi mendatanginya, memintanya menunjukkan identitas. Bahkan menurut informasi yang beredar, sambil menodongkan senjata. Sang Pangeran dilaporkan juga diminta "mengangkat dua tangan dan tiarap".

Tentu saja, insiden tersebut membuat Andrew marah luar biasa, sementara dua petugas yang menyadari kesalahannya malu berat karena gagal mengenali pangeran 53 tahun itu.

Belakangan, Pangeran Andrew memaafkan tindakan polisi itu. Dalam pernyataannya, ia menerima permintaan maaf pihak kepolisian. Menurut putra bungsu Ratu Elizabeth II itu, polisi punya tugas yang berat, kadang-kadang mereka juga bisa melakukan kesalahan.

"Polisi punya tugas berat melakukan pengamanan Keluarga Kerajaan dan menghalangi penyusup. Kadang mereka juga bisa melakukan kesalahan," kata Pangeran Andrew seperti dimuat BBC, 8 September 2013.

"Aku menyambut baik permintaan maaf pihak kepolisian dan mencari cara untuk bisa berjalan dengan aman di kebun istana."

Ditodong Senjata?

Kepolisian Metropolitan London dalam keterangannya, mengakui insiden yang melibatkan Pangeran Andrew, yang punya apartemen dan kantor di Istana Buckingham.

"Kami memastikan bahwa orang yang diajak bicara oleh petugas adalah Duke of York. Kami membuat publikasi ini dengan izin beliau," kata pernyataan tersebut.

"Kami berterima kasih atas pengertian Duke dan minta maaf atas ketidaknyamanan yang diakibatkan. Polisi juga membantah laporan media yang menyebut, polisi sempat menodongkan senjatanya."

Istana Buckingham merupakan tempat tinggal Ratu Elizabeth paling ternama, yang berfungsi sebagai rumah keluarga sekaligus sebagai kantor administratif untuk urusan kerajaan.

Insiden keamanan sudah beberapa kali terjadi di Istana ini termasuk yang paling terkenal tahun 1982 saat Michael Fagan memasuki kamar tidur Ratu.

Ratu terbangun dan mendapati Fagan, 30, duduk di tempat tidurnya. Keduanya dilaporkan sempat mengobrol selama setengah jam sebelum akhirnya si penyusup itu ditahan petugas. (Ein/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini